IMG-LOGO
Daerah

IPNU-IPPNU sebagai Madrasah Calon Pemimpin


Senin 24 Juni 2019 20:00 WIB
Bagikan:
IPNU-IPPNU sebagai Madrasah Calon Pemimpin
Diskusi pelajar IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal
Tegal, NU Online
Organisasi Pelajar di bawah naungan Nahdlatul Ulama yakni Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) diyakini mampu menjadi madrasah calon pemimpin masa depan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Tegal Akhmad Wildan saat mengisi Diskusi Pelajar di MDA Nurul Falah Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Ahad (23/6).

Wildan menyebut, IPNU-IPPNU adalah salah satu organisasi yang mampu menelorkan sikap dan sifat pemimpin yang baik dan proporsional. Pasalnya, IPNU IPPNU berangkat dari kalangan santri atau pesantren dan pelajar umum, yang mana ada 2 komponen besar yakni pengetahuan religius dan umum yang mampu menjadi instrumen penting menjadi seorang pemimpin.

"Di IPNU-IPPNU itu perangkat organisasi yang komplit. Apalagi di dalamnya ada kombiasi pelajar agama, umum, dan pesantren yang bisa menjadi instrumen penting bagi seorang pemimpin," ujarnya.

Oleh karena itu, belajar dan ikut IPNU-IPPNU itu merupakan belajar menjadi pemimpin masa depan. "Sangat tidak rugi bila kalian ikut IPNU, justru kalian akan sangat beruntung di kemudian hari karena merasakan manfaatnya," kata Wildan saat memotivasi puluhan kader IPNU-IPPNU Pekiringan yang sebelumnya telah dilantik dan dilanjutkan diskusi pelajar.

Dikatakan, banyak pemimpin saat ini merupakan kader IPNU pada zaman dulu, mulai dari Lurah, Camat, Bupati,  Gubernur, dan seterusnya. Ini membuktikan bahwa IPNU-IPPNU bukan sekedar Jamiyah biasa. 

"Selain sisi akademik dan pengetahuan, IPNU-IPPNU dituntut memroduksi ide-ide kreatif dalam bermasyarakat, proses pengkaderan yang ketat dan terstruktur hingga pembinaan mental yang kuat. Sehingga kader IPNU-IPPNU merupakan kader mental baja dan mampu mengatasi segala permasalahan dengan baik," urainya.

Wildan juga berpesan kader Pelajar NU untuk berani tampil di masyarakat. IPNU-IPPNU juga harus menjalin hubungan harmonis dengan sektor perangkat lain seperti pemerintahan, tokoh masyarakat, dan lembaga yang berkesinambungan baik di tingkat desa sampai Nasional. 

"Sebagai kader muda NU, IPNU-IPPNU harus berani tampil dan menjalin hubungan harmonis yang ada di lingkungannya masing-masing, hal ini penting dilakukan untuk melatih mental agar kuat dan berani," ungkapnya.

Diskusi pelajar dan Pelantikan IPNU-IPPNU Ranting Pekiringan Talang bertemakan "Meningkatkan kinerja dan potensi Pelajar NU untuk menjadi kader yang unggul". Acara dihadiri puluhan kader dan tokoh masyarakat sekitar.(Amiril/Nurkhasan/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG