Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pimpinan Pusat IPPNU Hadiri Makesta di Kawasan Sekadau Kalimantan Barat

Pimpinan Pusat IPPNU Hadiri Makesta di Kawasan Sekadau Kalimantan Barat
Sekadau, NU Online
Hal yang tidak dapat dihindarkan dalam sebuah organisasi adalah ketersediaan sumber daya manusia atau kader. Karenanya, sangat mendesak untuk menyediakan kader penerus bagi organisasi, termasuk Nahdlatul Ulama.

Kesadaran itulah yang ada dalam benak pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau IPNU dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di kawasan ini dengan menggelar Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta. 

Dalam mencetak kader penerus untuk membumikan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah serta untuk regenerasi dalam tubuh kepengurusan organisasi, Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Desa Engkersik, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat  (Kalbar) menggelar pengkaderan,  Selasa (25/6).

Kegiatan dipusatkan di Madrasah Diniyah Al-Mursyid, dengan dihadiri 41 pelajar yang terdaftar mengikuti pengkaderan tersebut.

Acara ini terbilang istimewa karena kendati diselenggarakan di tingkat ranting, ternyata dihadiri senior dari Pimpinan Pusat IPPNU, yaitu Endah Sugiarti. 

Pada kesempatan tersebut turut mengiringi Ketua dan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Sekadau, juga dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU dan badan otonom NU setempat.

Dalam sambutannya Tambong Sudiyono selaku Ketua PC IPNU Sekadau menjelaskan Makesta merupakan gerbang awal untuk berkhidmat di Nahdlatul Ulama. 

“Dan saya berharap peserta Makesta setelah mengikuti pendidikan untuk berperan aktif di desanya membangun desa dengan kegiatan positif,” katanya.

Sedangkan MA Sidiq selaku Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor mewakili Banom NU menyebutkan makna penting dari sebuah kaderisasi. “Kita dikader dan dididik di sini untuk berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama,” terangnya.



Dalam pandangannya, para peserta hendaknya memanfaatkan waktu yang ada dengan lebih bermakna. “Bisa belajar ilmu agar memperoleh pengetahuan, demikian pula bisa bedzikir sehingga akan mendapt kasyaf,” jelasnya.

Sedangkan kepada mereka yang berkhidmat di NU akan memperoleh keberkahan. “Jika anda berkhidmad di NU lewat IPNU dan IPPNU maka akan mendapatkan karamah. Dan jika mendapatkannya, kalian akan mendapatkan keduanya yaitu ilmu dan kasyaf,” jelasnya.

Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Ketua PCNU Sekadau, Kiai Agus Ari. 

Selama kegiatan berlangsung, peserta memperoleh materi terkait keorganisasian dan NU. Secara khusus, materi keorganisasian disampaikan Endah Sugiarti dari PP IPPNU. (Adi Fuadi/Ibnu Nawawi)

BNI Mobile