IMG-LOGO
Nasional

Jadwal Pemberangkatan Haji 2019 Maju Satu Hari


Rabu 26 Juni 2019 22:15 WIB
Bagikan:
Jadwal Pemberangkatan Haji 2019 Maju Satu Hari
Ilustrasi (Saudi Gazette)
Jakarta, NU Online
Keberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi tinggal menghitung hari. Bahkan, pemerintah memajukan jadwal keberangkatan para jemaah haji 2019 ke Tanah Suci. Dari semula pada 7 juli, maju menjadi 6 juli 2019.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan majunya jadwal keberangkatan membuat jemaah haji kloter awal harus masuk asrama pada 5 Juli 2019, dari jadwal semula 6 Juli.

"(Tanggal) 5 juli seluruh jemaah haji sudah masuk ke asrama, ke embarkasi dan keesokan harinya insyaallah mereka diberangkatkan ke Tanah Suci, Madinah secara berangsur-angsur, kemudian yang lain menyusul," jelasnya saat memberikan pembekalan kepada Media Center Haji 2019 di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (25/06), sebagaimana dilansir situs resmi Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag.

Seiring majunya keberangkatan kloter pertama ini, Menag memastikan jika seluruh layanan jemaah haji di Tanah Suci sudah siap. Mulai dari akomodasi, transportasi maupun katering sudah dipersiapkan dengan matang.

Hal yang masih dalam proses berkaitan dengan dokumen perjalanan para jemaah haji seperti paspor dan pengurusan visa.

"Jadi pengurusan paspor dan visa ini sedang berlangsung  sambil menunggu sebagian kecil jemaah haji kita yang melakukan pelunasan (pembayaran)," dia menambahkan.

Pemerintah menyiapkan kuota cadangan sebesar 5 persen yang pada akhirnya tak melunasi pembayaran biaya hajinya di tahun ini.

Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan seluruh persiapan di Tanah Suci telah rampung. Sebanyak 1.108 petugas haji juga sudah menggelar simulasi pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. “Alhamdulillah persiapan di Tanah Suci saat ini sudah tuntas," kata Lukman 

Dia menjelaskan, seluruh hotel yang akan ditempati oleh jamaah haji, baik di Madinah maupun di Makkah telah siap.

"Juga katering untuk menyiapkan konsumsi juga transportasi, jadi praktis seluruh persiapan di tanah suci l, termasuk di Masyair, di Muzdalifah, di Mina, di Arafah itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya," tutur dia.

Menurut dia, pihaknya fokus terhadap persiapan hajj di tanah air, khususnya terkait dengan penyelesaian dokumen-dokumen perjalanan seperti paspor dan visa.

"Sambil terus menunggu sebagian kecil saja jemaah kita yang belum melakukan pelunasan biaya haji, meskipun kita sudah menyiapkan 5 persen dari total kuota yang ada sebagai cadangan untuk mengantisipasi," ucapnya. (Red: Mahbib)

Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG