IMG-LOGO
Opini

Menjaga Harmonisasi Umat Beragama Pascapilpres

Jumat 28 Juni 2019 8:30 WIB
Bagikan:
Menjaga Harmonisasi Umat Beragama Pascapilpres
Ilustrasi (ist)
Oleh Fathoni Ahmad

Pemahaman keagamaan adalah hal yang paling esensial demi terwujudnya masyarakat kondusif. Pada prinsipnya semua agama mengedepankan budaya saling menghormati dan menjunjung tinggi kemanusiaan sebagai bagian dari ketinggian nilai-nilai ilahiah. Prinsip agung ini jangan dikotori dengan kepentingan-kepentingan sesaat, kepentingan pribadi maupun kelompok demi menjaga harmonisasi bangsa.

Perhelatan pemilihan presiden 2019 cukup melebarkan polarisasi kehidupan umat beragama di Indonesia. Bahkan tidak hanya ekstern umat beragama, tetapi juga intern umat beragama. Dalam hal ini, persaudaraan sesama bangsa (ukhuwah wathoniyah) harus dipegang kuat. Tahapan pilpres telah berjalan dengan baik dan demokratis. Sehingga sudah selayaknya disikapi dengan dewasa dari hasil yang sudah diperoleh secara transparan dan akuntabel.

Demokratisasi yang sudah berjalan di Indonesia penting dipahami oleh umat Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kehadiran Islam sejak awal menunjukkan sikap-sikap yang merangkul. Rasulullah SAW mengawali dakwahnya di Makkah secara pelan-pelan: mulai dari keluarga, kawan-kawan terdekat, orang-orang tertindas seperti budak, dan seterusnya. Yang penting dicatat, tahapan demi tahapan dilalui oleh Rasulullah tanpa paksaan, apalagi kekerasan. Bahkan, beliau sendiri yang justru kerap mendapatkan perlakuan kasar hingga percobaan pembunuhan dari para penentangnya.

Nabi mendapat julukan al-amin karena karakternya yang jujur. Rasulullah juga dikenal sebagai pribadi yang ramah kepada siapa pun, gemar menolong, dan pembela yang lemah. Kepribadian inilah yang menjadi modal dasar beliau mengatasi beragam tantangan tersebut hingga sukses mensyiarkan Islam di Tanah Arab yang kemudian terus meluas ke seluruh penjuru dunia.

Meskipun diakui adanya perbedaan, tidak bisa kita pungkiri adanya titik-titik temu yang menghubungkan budaya Islam secara universal. Salah satu titik temu itu berupa komitmen masing-masing pribadinya. Fakta kewajiban menjalankan ibadah merupakan usaha untuk menciptakan masyarakat yang sebaik-baiknya di muka bumi. Kewajiban itu dinyatakan dalarn Firman Allah: "Hendaknya di antara kamu ada umat yang melakukan dakwah ila al-khayr, amar ma'ruf dan nahy munkar, dan mereka itulah orang-orang yang bahagia." (QS. Ali ‘Imran [3]: 104).

Maksud al-khayr dalam ayat tersebut adalah kebaikan universal; suatu nilai yang menjadi titik temu semua agama, yaitu agama Allah yang disampaikan kepada umat manusia lewat wahyu Ilahi.

Pemahaman keberagaman yang moderat (wasathi) ini perlu mendapat perhatian semua pihak karena upaya membina kerukunan umat beragama seringkali terkendala oleh adanya kenyataan bahwa sosialisasi ajaran keagamaan di tingkat akar rumput lebih banyak dikuasai oleh juru dakwah yang kurang peka terhadap kerukunan umat beragama. Semangat berdakwah yang tinggi dari para pegiat dakwah ini seringkali dinodai dengan cara-cara menjelek-jelekkan agama orang lain.

Membangun harmonisasi beragama memang hal yang mesti dilakukan oleh umat beragama dalam menyatukan serta menanamkan rasa persaudaraan juga rasa kekeluargaan walau itu berbeda keyakinan. Keragaman suku, ras, agama didunia khususnya di Indonesia memang bukan hal yang baru kita ketahui untuk itu perlu kiranya jika kerukunan umat bergama di Indonesia khususnya ditanamkan untuk saling bahu membahu satu sama lain dalam pembangunan Indonesia yang tercinta ini.

Namun harmonisasi bukanlah ranah untuk menyatukan kepercayaan umat bergama melainkan hanya untuk menanam rasa welas asih antar-sesama. Dengan pengakuan dan pelaksanaan inilah, Islam akan senantiasa menjadi rahmat bagi semua (rahmatan lil 'alamin).

Menciptakan kerukunan umat beragama baik di tingkat daerah, provinsi, maupun pemerintah merupakan kewajiban seluruh warga negara beserta instansi pemerintah lainnya. Mulai dari tanggung jawab mengenai ketenteraman, keamanan, dan ketertiban termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama, menumbuhkembangkan keharmonisan saling pengertian, menghormati, dan saling percaya di antara umat beragama bahkan menertibkan rumah ibadah.

Dalam hal ini untuk menciptakan kerukunan umat beragama dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut. Pertama, saling tenggang rasa, menghargai, dan bertoleransi antarumat beragama. Kedua, tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu. Ketiga, melaksanakan ibadah sesuai agamanya. Keempat, mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan negara atau pemerintah.

Sikap tenggang rasa, menghargai, dan toleransi antar umat beragama merupakan indikasi dari konsep trilogi kerukunan. Upaya mewujudkan dan memelihara kerukunan hidup umat beragama, tidak boleh memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu. Karena hal ini menyangkut hak asasi manusia (HAM) yang telah diberikan kebebasan untuk memilih baik yang berkaitan dengan kepercayaan, maupun diluar konteks yang berkaitan dengan hal itu.

Namun akhir-akhir ini, keberagaman umat itu ternoda oleh konflik yang bernuansa agama. Mirisnya lagi hanya demi kepentingan politik sesaat. Bangunan harmonisasi dalam bingkai kerukunan umat beragama menjadi goyah. Bila tidak ditata kembali, berpotensi rubuh yang berujung pada disintegrasi bangsa.

Untuk itu, pemerintah dan segenap elemen bangsa harus membangun kembali lembaran kerukunan yang terkoyak. Merajutnya dengan benang-benang keindonesiaan sehingga lahir kembali menjadi tenunan kebinekaan. Setidaknya ada beberapa langkah dalam membangun harmonisasi umat beragama.

Pertama, menumbuhkan kesadaran umat bahwa berbeda adalah keniscayaan dari Tuhan. Kita tidak bisa memilih lahir dari suku-suku tertentu, warna kulit atau yang lain. Bahkan kita tidak bisa memilih dari rahim siapa kita dilahirkan. Allah menyebutnya dalam Alquran Surat Ar-Rum ayat 22:

“Dan dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan seluruh langit dan bumi, dan perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda bagi mereka yang mengetahui."(QS Ar-Rum [30]: 23)

Dari ayat Al-Qur’an di atas dapat dijelaskan bahwa berbeda adalah karunia dan rahmat Allah yang patut disyukuri. Bila hal ini bisa dimaknai dengan baik, perbedaan tidak lagi menjadi sesuatu yang asing. Sebaliknya, menjadi lazim untuk dirangkul serta didekati sebagai wujud harmonisasi dalam keberagaman.

Kedua, meyakinkan masyarakat bahwa bentrokan dan kerusuhan hanya akan meninggalkan luka dan trauma mendalam. Tak satu pun daerah yang mengalami konflik dan bentrok akan sembuh dengan cepat secara psikologis. Ketakutan-ketakutan akan menghinggapi anggota masyarakat terutama perempuan dan anak-anak.

Ketiga, menghilangkan prejudice atau prasangka negatif terhadap orang yang berbeda dengan kita. Sebab prejudice menjadi bagian dari pemicu konflik sosial di masyarakat. Memandang kelompok lain yang berbeda dengan prasangka negatif hanya akan menimbulkan antipati terhadap kelompok tersebut. Sehingga memudahkan munculnya gesekan-gesekan yang akan memicu konflik.

Keempat, membangun toleransi dan komunikasi yang baik antara komunitas yang saling berbeda. Terkadang kesalahan informasi dan munculnya toleransi malas-malasan (lazy tolerance) sebagaimana yang diungkapkan P. Knitter berpotensi melahirkan konflik. Oleh karena itu, komunikasi dan toleransi aktif menjadi urgen dalam membangun sebuah komunitas yang plural. Sehingga potensi miskomunikasi dan informasi tidak mudah terjadi.

Kelima, menyelesaikan akumulasi permasalahan sosial, seperti, kemiskinan, pengangguran dan lain-lain. Sebab konflik bernuasa agama tidak semuanya berakar karena persoalan agama. Bahkan, salah seorang tokoh Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi (1944-2017) mengungkapkan, 70 persen konflik keagamaan terjadi karena faktor non-agama yang diagamakan.

Terkadang konflik lahir karena persoalan kegundahan sosial dan politik, kemudian berevolusi menjadi bongkahan kekecewaan. Mereka tidak menemukan solusi yang tepat dan menjadi pribadi atau kelompok yang teralienasi dalam menghadapi berbagai masalah sosial. Akibatnya, mudah tersulut emosi dan dipengaruhi pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab sehingga terjadilah konflik sosial di masyarakat.


Penulis adalah Redaktur NU Online
Tags:
Bagikan:
Kamis 27 Juni 2019 9:30 WIB
Menolak Provokasi Pascaputusan Mahkamah Konstitusi
Menolak Provokasi Pascaputusan Mahkamah Konstitusi
foto: ilustrasi (jawapos.com)
Oleh: Moh Naenul Rizqoni

Menanti putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) di Mahkamah Konstitusi (MK)  27 Juni 2019 hari ini diharapkan masyarakat tetap menyambut baik serta jangan terlena dan terpancing dengan hal-hal yang bersifat provokatif yang nantinya merugikan diri sendiri juga keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Mari kita apresisasi atas kinerja Mahkamah Konstitusi dengan menghargai keputusan nanti yang sudah dikaji matang sesuai Undang-Undang.

Proklamator Bung Karno yang juga Presiden Republik Indonesia pertama telah mendengungkan dua ungkapan yang melegenda sampai saat sekarang ini yakni, 'Jas Merah' (Jangan sekali kali melupakan sejarah) dan juga mendengungkan ungkapan 'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa jasa para pahlawannya'. 

Lantas sejarah apa yang tidak boleh kita lupakan sebagai generasi masa  sekarang? Dan apa yang dimaksud dengan jasa-jasa para pahlawan yang harus dihargai oleh generasi saat sekarang ini?. 

Bangsa ini telah menyelenggarakan perhelatan pesta demokrasi yang besar baik itu Pilpres maupun Pileg dan sekarang pesta itu kini telah usai, dan secara umum perhelatan itu berlangsung dengan baik, aman, lancar, serta kondusif, walau ada salah satu kubu yang mengajukan sengketa ke MK dengan dalih ketidakadilan atau kecurangan. 

Namun demikian semoga sampai pada saat pengumuman resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) nanti masyarakat menerima dengan baik dan tidak ada lagi perpecahan diantara sesama anak bangsa karena berbeda pilihan dan dukungan, saling ejek, saling caci, saling maki, dan menjadikan nilai pesta demokrasi itu jauh dari kata mempererat persatuan Indonesia.

Pemilu sejatinya hanyalah sebuah alat atau mekanisme yang digunakan untuk mencapai kedaulatan rakyat dengan menentukan pemimpin yang terbaik di antara putra putri terbaik ibu pertiwi untuk menahkodai  bangsa Indonesia lima tahun ke depan meneruskan nilai-nilai luhur yang telah diwarisi oleh para pendiri bangsa ini. Dan siapapun yang terpilih dialah yang memang dikehendaki oleh rakyat dan sepatutnya kita semua wajib saling mendukung demi kemajuan dan persatuan Indonesia. 

Lantas mengapa kita harus tetap bersatu?  Merenunglah dan ingat kembali sejarah kita darimana kita berasal, Tidak terlepas dari perjuangan para tokoh pahlawan bangsa.  

Kita ingat sosok KH Hasyim Asy'ari dalam perjuangannya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dengan gagasan besarnya yang dikenal dengan Resolusi Jihad. Di mana ketika tentara NICA (Netherland Indian Civil Administration) tidak lain adalah bentukan Belanda datang ke Indonesia dengan membonceng sekutunya yang di pimpin oleh Inggris pada tahun 22 oktober 1945. Kemudian di susul dengan sebuah peristiwa, di mana perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan melawan tentara jepang yang langsung di pimpin oleh Bung Tomo pada Perang 10 Nopember 1945.

Kemudian kita ingat kembali sejarah dari pada Kongres Sumpah Pemuda yang sangat membakar semangat para Pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di mana para pemuda indonesia bisa tergabung dalam Jong Java, Jong Sumatra Bond, Jong Celebes, dan lain-lain. Kongres Sumpah Pemuda di mana yang pertama ada di Batavia tahun 1926 menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kemudian beberapa tahun setelahnya mereka pun membuat Kongres Sumpah Pemuda kedua yang diadakan di Batavia tgl 28 Oktober 1928 yang menelurkan 'Sumpah Pemuda'

Sejarah yang tidak kalah penting yang harus kita ingat adalah Proklamasi 17 Agustus 1945 yang menjadi tonggak awal berdirinya sebuah negara berdaulat yaitu 'Republik Indonesia'. Semua mata dunia tertuju pada kita pada hari itu dan menyaksikan serta melihat hasil akhir perjuangan sebuah bangsa selama lebih dari 350 tahun terjajah akhirnya mendapatkan hasil yaitu 'Kemerdekaan' dan diraih atas perjuangan sendiri dengan bermodalkan persatuan.

Melihat perjalanan sejarah yang cukup panjang ini setidaknya menjadi cambuk untuk kita sekalian dalam mengisi kemerdekaan, jangan hanya karena berbeda pilihan dan dukungan pada pesta demokrasi ini akhirnya persatuan kita jadi terancam, yang perlu kita sadari adalah kita tidak lagi terjajah melainkan yang menjadi lawan kita adalah diri kita sendiri. 

Tanpa persatuan yang digagas dan diperjuangkan oleh para pendahulu kita ataupun para pahlawan kita, mungkin kemerdekaan menjadi suatu ketidakmungkinan untuk bangsa kita. Begitu juga saat ini Indonesia yang adil, makmur, maju, dan sejahtera menjadi ketidakmungkinan jika kita terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi ini.

Oleh karena itu, mari kita dewasa dalam menyikapi hasil pemilu dan putusan Mahkamah Konstitusi ini, jangan karena belum di berikan kemenangan terus memprovokasi yang dapat menghancurkan dan memecah persatuan kita. Selanjutnya tokoh politik atau tokoh publik juga harus menjadi teladan yang terbaik kepada masyarakat dengan kedewasaan berdemokrasi secara konstitusional. Mari Rajut Kembali Persatuan usai putusan MK dan menolak provokasi yang memecah belah anak bangsa. Mari kita dukung pembangunan nasional agar Indonesia semakin maju dan bermartabat.


Penulis adalah pegiat Ansor, tinggal di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Rabu 26 Juni 2019 8:30 WIB
NU Lasem dan Era Global
NU Lasem dan Era Global
Salah satu pendiri NU Lasem, Mbah Ma'shum
Oleh: Misbahul Munir

Nahdlatul Ulama merupakan satu-satunya organisasi yang segala teknisnya dilakukan atas hasil dari istikharah para kiai terdahulu. Mulai dari tanggal penetapan berdirinya NU, lokasi penetapan berdirinya NU hingga bendera, warna, dan logo NU. 

Orientasi berdirinya NU untuk kepentingan kemaslahatan umat dunia tidak hanya pada lingkup domestik saja, dalam hal ini adalah Nusantara. Hal itu bisa dilihat dari berbagai sumber sejarah bagaimana peran serta Komite Hijaz dalam menjaga beberapa situs sejarah islam dari pembongkaran yang dilakukan pemerintah Arab Saudi yang pada saat itu menganut faham wahabi.

Keberhasilan NU pada saat itu, tidak lantas membuat organisasi tersebut merasa targetnya telah tercapai. Karena eksistensi NU sendiri harus terus mengiringi berbagai proses perkembangan sosial saat itu hingga sekarang, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. 

Seperti keterlibatan NU dalam rangka pencapaian kemerdekaan Indonesia menjadi salah satu bukti sejarah bagaimana KH Hasyim Asy'ari menjadi motor penggerak masyarakat, santri melakukan berbagai perlawanan bagi penjajah dan kelompok yang mempunyai kepentingan merubah ideologi bangsa saat itu. 

Kemudian pada perkembangan teknologi modern saat ini yang serba instan, justru peran dan posisi NU sangatlah diperlukan untuk mendampingi masyarakat dalam mengakses berbagai segi aspek kehidupan. Salah satunya adalah sebagaimana yang dilakukan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lasem Jawa Tengah. 

Sebelum menyimak lebih jauh bagaimana strategi dakwah NU Lasem dalam menyikapi tantangan era modern, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai PCNU Lasem dan kondisi sosial masyarakat di Lasem. 

PCNU Lasem merupakan salah satu cabang Nahdlatul Ulama tertua di Indonesia, karena cabang NU Lasem berdiri tepat pada tahun 1926 di mana pada tahun tersebut juga menjadi deklarasi berdirinya Jamiyah Nahdlatul Ulama. 

Berdirinya cabang NU Lasem tidak terlepas keterlibatan dari ketiga tokoh pendiri NU yang berasal dari tanah Lasem yaitu KH Ma'shoem Ahmad, KH Baidlowi Abdul Azis, dan KH Kholil. Kehadiran NU Lasem saat itu mendapatkan respon positif dari sejumlah kalangan santri maupun masyarakat pedesaan. 

Melihat kondisi bangsa pada saat itu di mana kelompok PKI agresif dalam menyebarkan faham komunis yang kemudian menyulut perlawanan terhadap ideologi bangsa, membuat ketiga tokoh pendiri NU menanamkan kultur/tradisi, amaliah NU, dan ideologi kebangsaan ke sejumlah lapisan masyarakat. 

Berbagai macam perlawanan dilakukan oleh sejumlah tokoh NU Lasem dan para santri terhadap PKI baik berupa penanaman paham ideologi kebangsaan, amaliah NU sampai dengan bergerilya di medan lapangan. Semangat kedisiplinan dan nilai moral yang telah dicontohkan ketiga tokoh pendiri NU tersebut, akan terus menjadikan nafas dakwah dan berjuang bagi keberlangsungan NU Lasem ke depan. 

Seiring berkembangnya waktu dan proses sosial, kini PCNU Lasem semakin inovatif dalam menyampaikan pesan kedamaian serta kemaslahatan umat. Melihat perkembangan teknologi yang begitu modern ditambah lagi sosial masyarakat Lasem yang cenderung heterogen. 

Dengan wilayah teritorial PCNU Lasem adalah Kecamatan Lasem, Kecamatan Pancur, Kecamatan Sluke, Kecamatan Kragan, dan Kecamatan Sarang, maka struktur masyarakat yang heterogen tersebut akan menjadikan program dan langkah NU Lasem lebih berwarna. Dengan nilai tasamuh (toleransi), tawassuth (sikap tengah), tawazun (seimbang), dan itidal (tegak lurus) yang diwariskan oleh para Kiai Lasem saat itu dijadikan ruh NU dan masyarakat Lasem umumnya dalam berinteraksi sosial. 

Kedekatan NU Lasem dengan Muhammadiyah Lasem ataupun Rembang, dan berbagai macam varian organisasi kemasyarakatan atau keagamaan di Lasem, menjadikan bukti bahwa NU Lasem mampu berdampingan secara rukun. NU Lasem juga tidak apatis terhadap perkembangan isu multinasional, sering kali dari pihak pengurus memberikan pernyataan sikap terhadap berbagai isu yang berkembang. Musyawarah mufakat antar pengurus menjadi media utama PCNU Lasem dalam menentukan berbagai sikap, mulai dari permasalahan politik, sosial, dan permasalahan lainnya. 

Sikap tegas tapi santun yang saat ini menjadi langkah NU Lasem saat menanggapi sebuah isu kekinian baik lingkup Lasem itu sendiri maupun skala nasional. Sikap tersebut merupakan sebuah sikap dari KH Solahuddin Fatawi selaku Ketua PCNU Lasem yang terinspirasi dari ajaran para Kiai Lasem salah satunya KH Ma'shoem Ahmad (Mbah Ma'shoem). 

Sikap tersebut mempunyai arti tersendiri, kebanyakan semua orang akan mengartikan bahwa sikap tegas identik dengan nada tinggi, keras, dan sebagainya. Begitupun santun orang akan mengartikan sesuatu yang bersifat lemah lembut, pasrah terhadap situasi. Namun bagi KH Solahuddin Fatawi, sikap ini mempunyai arti di mana para ulama Lasem pada saat itu khususnya Mbah Ma'shoem mengolaborasikan keduanya dengan seimbang, cara menyampaikan pesan ketegasan beliau menggunakan tutur kata ataupun perbuatan yang santun dan tidak melukai. 

Itulah mengapa nilai yang diajarkan oleh Mbah Ma'shoem akan terus menjadi pondasi dasar keputusan ataupun sikap bagi PCNU Lasem hingga saat ini. Pada era saat ini yaitu post-truth di mana kebenaran mengenyampingkan fakta objektif, membuat sikap tegas tapi santun sangat relevan jika diterapkan. 

Kondisi di mana semua lapisan masyarakat dari berbagai usia sudah bisa mengakses informasi melalui media online yang kemudian tidak menutup kemungkinan terjadinya ketimpangan. Hal itu juga menjadikan konsentrasi PCNU Lasem untuk berdakwah dan menyampaikan pesan melalui media sosial, segala kegiatan di wilayah PCNU Lasem yang mempunyai makna tersirat akan terus masif untuk disampaikan melalui media online/sosial dengan tidak mengenyampingkan nilai tegas tapi santun tersebut. 

Konstribusi NU Lasem di bidang penentuan kebijakan dalam hal ini adalah kepemerintahan baik di lingkup kecamatan hingga tingkat nasional juga menjadi salah satu faktor peranan NU Lasem dalam mengawal kemaslahatan umat secara keseluruhan. Banyak kader-kader dari NU Lasem yang berkonstribusi aktif pada kursi pemerintahan, hal itu akan mempermudah NU Lasem dalam menyiarkan pesan nilai kemanusiaan, toleransi, dan bentuk sikap kepada publik.


Penulis adalah pegiat Ansor di Lasem, Rembang, Jawa Tengah
Selasa 25 Juni 2019 15:30 WIB
Menggagas Pemindahan Makam Mbah Sholeh Darat, Perlukah?
Menggagas Pemindahan Makam Mbah Sholeh Darat, Perlukah?
Makam Mbah Sholeh Darat di pemakaman umum Bergota Semarang
Oleh: Mohammad Ichwan

Di tulisan pertama, penulis telah mengemukakan masalah ketidaknyamanan ziarah di makam KH Sholeh Darat. Makam  ulama besar abad 19 yang diyakini sebagai waliyullah ini diliputi persoalan tiadanya akses masuk yang layak, tiadanya fasilitas yang memadai, dan kesemrawutan lokasi makam.

Problem berikutnya di kompleks makam KH Sholeh Darat adalah  parkir kendaraan. Selama ini penjagaan kendaraan dilakukan oleh para pemuda atau warga sekitar. Karena tidak dinaungi lembaga resmi dan tanpa dibekali karcis parkir resmi, maka masyarakat melihatnya sebagai parkir liar. 

Banyak cerita tentang peziarah yang dipalak oleh tukang parkir liar ini. Cuitan di media sosial maupun keluhan lisan sudah sering disampaikan para peziarah yang merasa diperas ketika berziarah.  Berita mengenai aksi juru parkir liar ini sudah banyak dimuat di media massa. 

Menurut pengakuan para peziarah, mereka ditarik uang Rp2 ribu sampai Rp5 ribu bila memakai sepeda motor. Dan ditarik Rp5 ribu hingga Rp10 ribu bila membawa mobil standar. Permintaan yang Rp20 ribu hingga Rp30 ribu terjadi bila pengunjung membawa mobil agak besar atau membawa minibus semisal jenis Elf. 

“Sedangkan bila rombongan mengendarai bus, dimintai paling sedikit Rp50 ribu. Pernah saya membawa rombongan 7 bus, diperas Rp350 ribu. Sungguh gila pungli di Bergota,” tutur Atok dari Malang, Jawa Timur. Pernyataan yang sama dari Hisyam dari Jepara dan Mustafid dari Yogya yang pernah membawa rombongan naik bus. 

Sesungguhnya, lokasi parkir itu hanyalah badan jalan di Jalan Kiai Saleh, maupun badan jalan di tengah kompleks Bergota. Jelas memakan hak pengguna jalan lain dan menggangu lalu lintas. Sehingga sering menimbulkan kemacetan dan kesemrawutan. Ditambah lagi, kurang ada penerangan, sehingga para pengunjung dilanda resah akan keamanan kendaraannya. Terutama di malam hari, pengunjung dilanda kekhawatiran atas kendaraannya. Para juru parkir tidak resmi pastilah tidak bertanggungjawab atas kerusakan atau kehilangan kendaraan.

“Saya terus terang takut bila malam hari berziarah. Meskipun ada juru parkir dan saya membayarnya, tetapi saya tetap khawatir. Sebab tidak ada jaminan atas kemanan kendaraan saya,” ucap Samidi, warga Ngaliyan Semarang.  

Selain juru parkir liar, ada pula penjaga parkir yang memakai seragam. Umumnya berseragaam hijau muda polos Linmas (dulu bernama Hansip). Para anggota Linmas ini tidak pernah meminta uang ke pengunjung. Mereka hanya membantu menjaga ketertiban tempat parkir dan menjaga ketertiban lalu lintas peziarah di jalan masuk makam Bergota, umumnya telah berusia lanjut. Di tempat para Linmas berjaga, tersedia kotak amal resmi bertuliskan 'Kas Linmas' atau 'Kas Karang Taruna'. Namun mereka jarang muncul selain di bulan Syawal. Seolah hanya muncul ketika even haul KH Sholeh Darat. Padahal di even Haul, bantuan mereka tidak terlalu diperlukan. Sebab sudah banyak petugas resmi dari Dinas Perhubungan dan Kepolisian. Sedangkan panitia haul sendiri telah dibantu anggota Banser Kota Semarang. 

Akibatnya, bantuan Linmas tidak dirasakan oleh peziarah di hari-hari biasa. Yang  dominan 'berkuasa' di Bergota tetaplah para pemuda yang dianggap masyarakat sebagai preman. Pernah pula dipergoki, oknum pemuda memakai kaos organisasi kepemudaan ikut dalam aksi pemalakan parkir. 

Problem lainnya adalah banyaknya pengemis dan soal pengelolaan Kotak Amal. Pengunjung makam sering merasa mendapat 'tekanan' ketika berziarah di makam KH Sholeh Darat. Para pengemis berjajar mencegat peziarah untuk meminta sedekah. Sebagian di antaranya terkadang kurang sopan. Yaitu memepetkan diri dan menyodorkan kaleng amal sampai menempel tubuh pengunjung. Kadang membuntuti peziarah hingga ke tempat parkir kendaraan. 

Bila menghadapi situasi macam itu, peziarah umumnya tak bisa mengelak. Mereka terpaksa merogoh kantong atau membuka dompet dan memberikan uang ke pengemis agar tidak lagi diganggu. Kadang memberi sambil menggerutu karena jengkel. 

“Saya dan kawan-kawan kuliah saya senang ziarah di makam Mbah Sholeh Darat. Namun kami sering jengkel dengan ulah para pengemis. Mereka mencegat setiap usai ziarah, bahkan memepet dan membuntuti hingga saya duduk di atas jok sepeda motor. Saya, terpaksa memberi uang karena risih diganggu terus,” keluh Aziz, mahasiswa UIN Walisongo Semarang, Jumat (14/6/2019). 

Para pengemis masih 'terbatas terornya' karena hanya berdiri di jalan masuk makam KH Sholeh Darat dan mencegat pengunjung yang hendak pulang. Sebab ada 'teror lanjutan' di komplek makam. Sejak melangkah masuk meniti undak setapak menuju makam KH Sholeh Darat, peziarah 'dicegat' jejeran kotak amal. Memang bersifat sukarela dan ada imbauan tertulis untuk berinfak. Para penjaga kotak amal yang merupakan warga sekitar Bergota umumnya bersikap sopan, mereka ramah menyapa pengunjung. 

Namun ada sebagian oknum yang diduga kurang simpatik, yakni 'meneror' peziarah. Ulahnya, membujuk pengunjuk agar mengisi kotak amal dengan suara keras. Atau  memposisikan diri 'menghalangi' peziarah.  Ia baru bergeser memberi jalan setelah peziarah mengisi kotak amal. 

Yang lebih vulgar, ada yang menyodorkan kotak amal di hadapan peziarah yang sedang khusyuk berdoa di depan pusara. Ia tidak akan  beranjak pergi sebelum kotak itu diisi. Ada kesan, seolah setiap ziarah di makam KH Sholeh Darat, pengunjung harus “membayar”.  

Penulis sering melihat sendiri aksi 'teror' kurang terpuji itu.  Sudah pasti membuat peziarah merasa terganggu. Dan ini yang penting, tak ada serupiahpun uang di kotak amal itu masuk ke kas Pemerintah atau ke Takmir Masjid  Kiai Sholeh Darat. Apalagi kepada dzurriyah. Seratus persen hanya yang menjaga kotak itu yang mengetahui penggunaannya. Pihak dzuriyah KH Sholeh Darat sebenarnya mengapresiasi para penjaga makam yang menunggui kotak amal. Ahli waris Mbah Sholeh tidak pernah meminta atau menerima sepeserpun dari uang di kotak amal tersebut. 

“Saya dan seluruh keluarga dzurriyah Mbah Sholeh sangat menghargai dan berterima kasih atas kepedulian warga Bergota menjaga dan merawat makam kakek buyut kami. Kami tidak pernah meminta atau menerima uang dari kotak amal di makam itu,” tutur Agus Taufiq bin Zahroh binti Kholil bin Sholeh Darat. 

Namun ketidakjelasan penggunaan uang dan tiadanya pertanggungjawaban infaq peziarah itu, membuat masyarakat berkomentar negatif. Diduga hanya dijadikan lahan mencari uang untuk kepentingan pribadi. Mereka dianggap sama dengan pengemis. Bedanya, pengemis menengadahkan tangan atau memakai kaleng rombeng, sedangkan mereka memakai kotak kayu yang dicat kinclong dan digembok.

Masih persoalan uang peziarah di kompleks makam KH Sholeh Darat, penulis pernah memperhatikan keberadaan kotak amal di maqbaroh sang waliyullah ini. Sedikitnya ada enam kotak besar; dua di jalan masuk, dua di teras, dan dua kotak di pintu masuk makam makam KH Sholeh Darat. Ditambah beberapa kotak kecil yang biasa dikelilingkan ke para peziarah yang berdoa di luar pagar maqbaroh KH Sholeh Darat. 

Dalam sehari semalam, di hari biasa, makam Mbah Sholeh dikunjungi sekitar 40-70 orang. Di malam Jumat, bisa mencapai 100 orang atau lebih. Di bulan puasa, pengunjung meningkat pesat. Umumnya peziarah mengisi kotak amal dengan uang Rp5 ribu atau Rp10 ribu. Sebagian mengisi Rp2 ribu atau tidak berinfak. Namun tak jarang yang memasukan lembaran Rp20 ribu atau Rp50 ribu. Terkadang ada yang berinfaq Rp100 ribu atau lebih. Bisa diperkirakan dalam sehari ada puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah masuk di kotak amal. Dan meningkat banyak di malam Jumat dan di bulan Ramadhan, mungkin bisa mencapai jutaan rupiah. 

Puncaknya ketika masuk bulan Syawal. Ratusan orang datang setiap hari hingga menjelang haul. Puncaknya adalah tanggal 10 Syawal yang merupakan Haul Kiai Sholeh Darat.  Ribuan orang datang sejak malam menjelang haul hingga malam setelah haul. Uang yang masuk di masa Haul bisa mencapai belasan juta atau puluhan juta rupiah. Banyaknya uang di kotak amal itu telah lama menjadi sumber konflik antar penjaga makam. Dari pengakuan masing-masing pihak, konfliknya terjadi sejak orang tua mereka, alias sudah berlangsung dua generasi. 

Beberapa kali terjadi perebutan dan pertengkaran di lokasi makam KH Sholeh Darat. Dzuriyah KH Sholeh Darat, Agus Taufiq mengaku berkali-kali diminta menjadi penengah untuk mendamaikan antar kelompok penjaga kotak amal. Cicit  KH Sholeh Darat ini sering berziarah sehingga ia mengetahui kondisi makam, termasuk segala permasalahannya. 

“Konfliknya sudah lama dan keras. Pernah terjadi adu fisik dan sampai menjadi  urusan polisi. Saya beberapa kali diminta mendamaikan. Para pelaku sampai kini neng-nengen (saling mendiamkan). Namun saya berharap tidak lagi ada pertengkaran,” ujarnya kepada penulis dalam beberapa kali pertemuan. 

Agus Tiyanto, keluarga dzuriyah KH Sholeh Darat yang lain mengatakan, ia telah lama mendengar keluhan para peziarah tentang perbuatan para penjaga kotak amal maupun konflik mereka. Dikatakan, sering terjadi peziarah diganggu ketenangannya oleh pertengkaran para penjaga kotak amal. Yaitu tukar padu (adu mulut) yang keras rebutan uang atau pembagian uang amal. 

“Saya sering mendengar keluhan peziarah merasa terganggu oleh suara keras pertengkaran atau perebutan uang kotak amal. Saya sendiri pernah melihat situasi pertengkaran itu,” tuturnya dengan nada sedih. Sebenarnya (sebagian) uang kotak amal telah digunakan untuk merawat 

dan menata makam KH Sholeh Darat. Di antaranya yang bisa dilihat nyata adalah plesteran jalan setapak, pembangunan toilet dan sarana wudhu, walau sangat sederhana. Serta pembayaran setrum listrik, pengecatan ulang, penggantian genteng pecah, dan hal-hal material lainnya. Mengenai permadani/karpet, menurut penuturan para penjaga makam dan dzuriyah, karpet di makam mbah Sholeh adalah sumbangan syukuran dari peziarah yang mengaku qobul hajatnya setelah berdoa di situ. 

Adapun lampu-lampu, bisa dibeli dari uang kotak amal atau dari infak khusus. Penulis pernah melihat sendiri, ada peziarah yang memberi sejumlah uang ke penjaga makam dengan kalimat 'ini titip uang untuk mengganti lampu atau merawat makam'. Jadi ada uang tersendiri dari peziarah dermawan.

Pemerintah Kota Semarang mengupayakan mencari solusi atas berbagai persoalan di makam KH Sholeh Darat. Ide solusi yang pernah diperbincangkan Pemkot bersama stakeholder yakni pertama, membuat taman parkir dekat Bergota. Diikuti pengelolaan parkir resmi. Lengkap dengan fasilitas toilet dan mushola yang nyaman. Kedua, membuat jembatan layang untuk pejalan kaki di makam ke makam Kiai Sholeh Darat, agar tidak ada peziarah melangkahi, menginjak atau menabrak kuburan. 

Kemudian yang ketiga, membuat akses jalan ke makam Kiai Sholeh Darat dengan memindahkan beberapa kuburan di sekitar makam KH Sholeh Darat. dan yang keempat, memindahkan makam KH Sholeh Darat ke lokasi yang representatif. Ini pilihan terakhir bila ide nomor 1, 2, 3 tidak bisa diwujudkan. Lokasi yang diusulkan sebagai tempat baru adalah halaman belakang 
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), di Gayamsari, Semarang. Di MAJT semua fasilitas yang diperlukan telah tersedia dan nyaman. Apabila terjadi bisa dipindah di MAJT, maka akan menggabungkan dua wisata religi, yaitu ziarah wali dan kunjungan ke masjid agung milik rakyat Jawa Tengah tersebut. 

Penulis adalah Sekretaris Komunitas Pecinta Kiai Sholeh Darat (KOPISODA) Semarang.  
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG