IMG-LOGO
Daerah

Mustasyar NU Lasem Dorong Program LAZISNU Perkuat Ekonomi Keumatan


Senin 1 Juli 2019 13:00 WIB
Bagikan:
Mustasyar NU Lasem Dorong Program LAZISNU Perkuat Ekonomi Keumatan
Kegiatan LAZISNU Lasem penyerahan donasi kepada dhuafa
Rembang, NU Online
Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lasem, Rembang, Jawa Tengah KH Syihabuddin Ahmad mengapresiasi langkah Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lasem yang terus berkhidmat untuk keumatan dan memberikan beberapa pesan untuk LAZISNU Lasem. 

"Ada yang perlu diperhatikan oleh pengurus Lazisnu Lasem, yang pertama pentasharufan zakat kalangan tertentu/khusus dan sedekah sifatnya umum," ujarnya saat menyaksikan pemberian santunan kepada kaum dzuafa di Lasem, Ahad (30/6). 

Kedua lanjutnya, mendorong program pemberdayaan ekonomi lemah untuk mengentaskan kemiskinan. Dan ketiga, lumoni kalo ingin dilumoni. Keempat, mengayomi masyarakat dengan pendekatan syariah dan hikmah. "Apa yang telah dilakukan LAZISNU Lasem harus tetap kita support sebagai bentuk kepedulian NU kepada masyarakat yang kurang mampu," tegasnya.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi penuh dari pengurus PCNU Lasem yang pada saat itu diwakili oleh Ustadz Afif. Dirinya berharap kegiatan ini dapat tetap berlangsung dari tahun ke tahun sebagai media untuk melayani umat ataupun masyarakat.

"Karena ini juga menjadi bagian dari NU yang sebagai organisasi  kemasyarakatan, maka NU Lasem akan membantu penuh sosialisasi kepada aghniya dan masyarakat melalui Kotak Infaq (Koin) agar penerimaan dana bisa maksimal," ujarnya.

Acara penyaluran tahap II ini berlangsung di Kantor PCNU Lasem dihadiri oleh perwakilan Pengurus Cabang NU Lasem, Rais PCNU, Mustasyar, dan jajaran pengurus LAZISNU Lasem.

Ketua LAZISNU Abdullah mengatakan, acara penyaluran tahap II ini tentu dapat meningkatkan jalinan silahturahmi dan memperkuat hubungan dengan dhuafa.

"Harapan kami ke depan, bisa lebih dekat dengan masyarakat Lasem khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu, dan anak yatim. Ini merupakan langkah strategis kita dalam mengimplementasikan kesejahateraan ekonomi masyarakat dengan tidak mengesampingkan nilai spiritual NU. Kemudian untuk ke depan kita akan fokuskan kepada pemberdayaan ekonomi lemah," ujar Abdullah.
 
Dijelaskan, penyaluran donasi tahap awal telah pada bulan Ramadhan kemarin, yakni kepada pelajar di bawah naungan LP Ma'arif NU. "Setelah penyaluran donas kepada anak pelajar, pada lebaran ini kami  menggelar halal bi halal bersama anak yatim piatu dan masyarakat miskin di Lasem," ujarnya.

Dikatakan, berbagi antar sesama dan keberkahan adalah representasi dari kehidupan sosial keagamaan di Nusantara yang sudah turun temurun sejak dulu. Oleh karena itu pihaknya akan terus berusaha untuk terlibat dalam membantu masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan melalui LAZISNU.

"Kami juga menerima zakat, infaq, dan sedekah yang kemudian akan kami sampaikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan guna menunjang kesejahteraan hidup mereka," jelas Abdullah. (M Misbahul Munir/Muiz)
Bagikan:
IMG
IMG