IMG-LOGO
Daerah

Pekerjaan Rumah Pergunu Menanamkan Aswaja pada Peserta Didik


Senin 8 Juli 2019 09:00 WIB
Bagikan:
Pekerjaan Rumah Pergunu Menanamkan Aswaja pada Peserta Didik
Bandung, NU Online
Jajaran Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) se-Kabupaten Bandung, Jawa Barat masa khidmah 2019 hingga 2024 resmi dilantik, Ahad (7/7).

H Sapulloh selaku Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jawa Barat berpesan agar keberadaan badan otonom ini dijadikan sebagai rumah bagi guru NU. 

“Anggota Pergunu juga harus menunjukkan militansi dalam menjalankan roda organisasi, terutama dalam menanamkan akidah Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyyah kepada peserta didik,” katanya saat sambutan.

Dirinya menyadari bahwa pekerjaan rumah yang selama ini belum bisa terselesaikan adalah tentang pengajaran Aswaja di sejumlah sekolah, khususnya sekolah NU atau Ma'arif.

“Karena kita masih kalah dengan organisasi lain yang mampu menanamkan pahamnya kepada peserta didik, sehingga setelah keluar dari sekolah muncul militansinya,” jelasnya. 

Saepuloh melanjutkan, dalam menjalankan organisasi, pihaknya akan fokus pada dua hal yakni kewajiban yang harus dilaksanakan guru dan hak yang diterima. “Soal kewajiban saya meminta para guru terus mengembangkan pembangunan bidang pendidikan,” ajaknya.

Soal hak yang diterima guru, pihaknya bertekad mengadvokasi hak para guru agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak. “Sebab, pada kenyataannya, banyak guru yang masih menerima haknya jauh di bawah perhitungan hidup layak,” ungkapnya. Tentu itu tidak semua bisa dibebankan kepada pemerintah, tapi dipikul bersama dengan memberdayakan ekonomi guru, lanjutnya.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bandung,  KH Asep Jamaludin berpesan agar anggota Pergunu mampu membesarkan organisasi dan memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun NU di kawasan masing-masing. 

“Saya juga berharap agar anggota Pergunu dapat merapatkan barisan dan memperkokoh persatuan agar tidak terpecah belah,” harapnya. 

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bandung yang diwakili Kepala Kasi PD Pontren, H Wawan Sholihin menyampaikan selamat dan apresiasi atas dilantiknya jajaran PAC Pergunu se-Kabupaten Bandung masa khidmah 2019-2024. 

Wawan berharap, pengurus dapat menjalankan amanah dengan baik. Dia juga berharap semangat pengurus dan anggita Pergunu membangun Bandung, terutama pembangunan bidang pendidikan. 

“Kami juga akan memberikan dukungan penuh kepada Pergunu demi kemajuan bidang pendidikan,” katanya.

Secara khusus, dirinya mengajak pada agenda rapat kerja dapat mengembangkan program yang menjadi skala prioritas. “Dan jika ada yang perlu dikerjasamakan dengan Kemenag Bandung, kami siap,” pungkasnya. 

Ketua PW Pergunu Jawa Barat, H Saepulloh resmi melantik PAC Pergunu se-Kabupaten Bandung yang digelar di Aula Kantor PCNU Bandung, jalan Laswi No. 516, Jongor, Ciparay. 

Sekitar 150 anggota Pergunu se-Bandung hadir dalam acara tersebut. Pelantikan juga dihadiri oleh Ketua PCNU Bandung, perwakilan Polres dan Kementerian Agama (Kemenag) setempat. (Muhamad Faizin/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG