Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pentingnya Ucapan Salam Saat Ibadah Haji

Pentingnya Ucapan Salam Saat Ibadah Haji
Walimatussafar Bu Nyai Miftahul Badriyah, Sabtu (13/7) di Pesantren Darun Naja Pemandi, Bengkulu Utara, Sabtu (13/7).
Walimatussafar Bu Nyai Miftahul Badriyah, Sabtu (13/7) di Pesantren Darun Naja Pemandi, Bengkulu Utara, Sabtu (13/7).
Bengkulu Utara, NU Online
Walaupun bukan termasuk rukun dalam berhaji, mengucapkan salam harus dilakukan dilakukan di setiap tempat yang akan dikunjungi.

Kiai Wahid Santoso mengatakan hal itu pada walimatussafar Bu Nyai Miftahul Badriyah dan puteranya Gus Husen Mubarok, Sabtu (13/7) malam di Pesantren Darun Naja Pemandi, Bengkulu Utara, Bengkulu.

"Rasulullah Saw sudah mengajarkan kepada kita agar ketika datang ke kuburan, kita mengucapkan salam. Assalamu `alaikum ahlad diyaar minal mukminiina wal mukminaat, muslimiina wal muslimat. Wa innaa insyaa Allah bikum laahiquun. Nas’alullaha lanaa wa lakumul `aafiyah. Semoga kesejahteraan tercurah atas kalian wahai para penduduk kubur dari kalangan kaum Mukminin dan kaum Muslimin. Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian," kata Kiai Wahid menyebutkan sabda Nabi Muhammad, yang ia nukil dari Kitab Hujjah Ahlussunah Wal Jama’ah karangan KH Ali Ma’sum Krapyak.

Selain menunaikan rukun Islam yang kelima, kata Kiai Wahid Santoso, ibadah haji merupakan ziarah Makkah Madinah, ziarah Rasulullah. Ia pun menganjurkan untuk senantiasa salam di setiap tempat dalam menjalankan rentetan haji.

Pertama, ketika masuk ke tanah Makkah untuk tidak lupa mengucapkan salam. Kedua, saat berada di Madinah bersalam kepada Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Ketiga, ketika berada di kawasan Kakbah dan Majidil Haram untuk bersalam kepada nabi Ibarahim dan putranya.

"Salam juga perlu diucapkan di tempat-tempat yang lainnya," imbuhnya.

Walamatussafar dimulai dengan Shalawat bakda Isya. Walimatussafar sebagai tradisi yang digelar umat Muslim di Nusantara ketika hendak berangkat menunaikan ibadah haji. Tradisi ini bertujuan memohon doa restu kepada sanak famili dan kerabat. Dalam tradisi ini pamit mohon doa restu digelar dengan berbagai format acara. (Mangun Kuncoro/Kendi Setiawan)

BNI Mobile