Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Berkah Gerakan Koin, NU Ngadirejo Karanganyar Miliki Mobil Layanan Umat

Berkah Gerakan Koin, NU Ngadirejo Karanganyar Miliki Mobil Layanan Umat
Mobil layanan umat, NU Karanganyar, Jateng
Mobil layanan umat, NU Karanganyar, Jateng
Karanganyar, NU Online 
Gerakan Kotak Infaq (Koin) Nahdlatul Ulama yang dilakukan secara masif di daerah-daerah khususnya di Jawa Tengah mulai menampakkan hasilnya. Tidak saja untuk keperluan santunan, beasiswa, dan bantuan untuk modal usaha saja, akan tetapi dari Koin itu bisa untuk pengadaan mobil layanan umat.

Sebagaimana yang telah dilakukan Pengurus Ranting (PR NU) Desa Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu (13/7) kemarin telah meluncurkan 'Mobil Layanan Umat'. 

Kegiatan yang dihadiri jajaran Pengurus Ranting NU, Lembaga, Badan Otonom (Banom) NU, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan disaksikan banyak kalangan ini berlangsung di halaman Balai Desa Ngadirejo

Peluncuran mobil  tersebut ditandai dengan siram kembang setaman oleh Rais Syuriyah MWC NU Mojogedang, Kiai Ahmad Asyrofi dengan didampingi sejumlah pengurus MWC NU dan ranting NU Ngadirejo.

Ketua Ranting NU Ngadirejo Kecamatan Mojogedang, Samto kepada NU Online mengatakan, pengadaan mobil layanan umat merupakan program dari Pengurus Ranting NU yang bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) MWCNU setempat.

"Pengadaan mobil ini bertujuan untuk memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat Ngadirejo dan sekitarnya yang membutuhkan," katanya. 

Ia mencontohkan kebutuhan masyarakat terhadap mobil, seperti mengantar warga sakit ke rumah sakit dan mengantar janazah ke tempat pemakaman.

"Selain mengantar warga yang sakit yang kadang sulit untuk mencari mobil, juga kebiasaan masyarakat sini mengantarkan janazah ke tempat peristirahatan terakhir biasanya menggunakan mobil walaupun jaraknya dekat," imbuhnya.

Dari problem dan kebutuhan itulah, tambah Samto, ranting NU melalui gerakan Koin NU di desanya selama 4 bulan terakhir. "Alhamdulillah sudah bisa memberi mobil untuk melayani warga masyarakat," tuturnya.

Menurut Samto, masyarakat Desa Ngadirejo sendiri sebenarnya tergolong baru dalam mengenal Jamiyah NU, bahkan kepengurusan Ranting NU, Muslimat, Ansor, Fatayat, dan IPNU-IPPNU yang ada di desa ini periode sekarang ada kepengurusan untuk yang pertama kalinya ada.

"Nampaknya antusias warga dalam menyambut program-program NU sangat luar biasa, dan mobil layanan umat ini sebagai salah satu buktinya," jelasnya.

Dirinya berharap keberadaan mobil benar-benar dapat digunakan sesuai harapan. "Semoga mobil layanan umat Ranting NU Ngadirejo bisa bermanfaat untuk masyarakat umum siapapun yang membutuhkan termasuk warga di desa-desa sekitarnya," harapnya. (Ahmad Rosyidi/Muiz)
BNI Mobile