IMG-LOGO
Daerah

Puluhan Siswa BLK Lotim Praktik Kerja di Hotel

Senin 15 Juli 2019 16:45 WIB
Puluhan Siswa BLK Lotim Praktik Kerja di Hotel
Siswa BLK Lotim
Lotim, NU Online
Sebanyak 40 peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) perhotelan jurusan Housekeeping di Balai Latihan Kerja Lombok Timur (BLK Lotim), menjalani uji praktik sebagai tenaga penyiapan kamar tamu di Hotel. Praktik kerja dipandu oleh instruktur BLK Lotim Didit Haryadi dan Mini Sulastri.

"Praktik kerja ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk menjalani on the job training langsung di beberapa hotel kawasan Nusa Tenggara Barat dan agar terbiasa saat nanti mereka terjun di industri perhotelan," kata Kasi Penyelenggara dan Pemberdayaan Khairul Ziyad saat melepas 40 peserta pelatihan di BLK Lotim, NTB, Senin (15/7).

Dalam arahannya Khairul Ziyad mengatakan housekeeping atau penyiapan kamar tamu ini merupakan bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan membersihkan dan menyiapkan kamar tamu bagi para tamu hotel.

"Karena itu, seorang housekeeping harus mampu berkerja dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya secara profesional," katanya. 

Khairul berpendapat tertatanya sistem kerja di hotel mutlak diperlukan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sesuai  jurusan dari peserta pelatihan.

"Para siswa harus mampu menerapkan kemampuannya di bidang housekeeping di sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor industri pariwisata, BLK Lotim terus aktif meningkatkan akses dan mutu pelatihan kerja menyusul diresmikannya Kuta Mandalalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. (Red: Kendi Setiawan)

Bagikan:
IMG
IMG