IMG-LOGO
Nasional

Besok, PCINU Tiongkok Ungkap Pengalaman Santri Studi di Negeri Tirai Bambu

Selasa 16 Juli 2019 18:45 WIB
Besok, PCINU Tiongkok Ungkap Pengalaman Santri Studi di Negeri Tirai Bambu
Pengurus NU Tiongkok bersilaturahim ke Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj
Jakarta, NU Online 
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Tiongkok akan mengadakan kegiatan pertama kalinya di Gedung PBNU, Jakarta, Rabu (17/7) dalam bentuk bedah buku berjudul Islam Indonesia dan China: Pergumulan Santri Indonesia di Tiongkok. 

Menurut Ketua PCINU Tiongkok Nurwidiyanto kegiatan tersebut akan mengupas pengalaman santri-santri Indonesia menuntut ilmu di negara yang berjuluk tirai bambu dan perkembangan hubungan Indonesia Tiongkok dalam dunia pendidikan, ekonomi serta sains dan teknologi.

“Ini salah satu cara mengisi musim liburan semester tahun ini,” katanya selepas bersilaturahim kepada Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di ruangannya, Gedung PBNU, Jakarta, Senin (15/7) malam. 

Menurut Nurwidiyanto pada bedah buku tersebut akan mengupas beberapa hal yang selama ini menjadi berita di media sosial Indonesia yang sebenarnya justru tidak seheboh kenyataannya.   

Di tempat yang sama, Wakil Ketua PCINU Tiongkok Arif Taufiq merinci narasumber kegiatan tersebut KH Imron Hamid yang merupakan Rais Syuriyah PCINU Tiongkok, Wang Yu Xia dari Guangdong Islami Association dengan Xiao Li Xian  sebagai penerjemah dari Guangdong University of Foreign Studies.

Narasumber lainnya adalah Soegeng Rahardjo yang merupakan Ketua Umum Perhimpunan dan Persahabatan Alumni Tiongkok yang juga mantan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia serta Iwan Ong Santoso seorang jurnalis Kompas.

PCINU Tiongkok terbentuk pada 20 Agustus 2017 di Pondok Pesantren Al-Islahiyah Malang, Jawa Timur yang digagas para mahasiswa dan calon mahasiswa di Tiongkok. Pada waktu itu hadir sebanyak seratus orang mahasiswa dan calon mahasiswa NU yang akan kuliah di Tiongkok. Hadir pula Konjen China untuk Indonesia di Surabaya. Pada kesempatan tersebut Nurwidiyanto mendapat amanah menjadi ketua. 

Kemudian pada PCINU Tiongkok mengatakan Konferensi Cabang di Kota Changchun Provinsi Jilin Tiongkok pada 24 november 2018. Pada konferensi tersebut, kembali Nurwidiyanto diamanahi sebagai ketua sampai tahun 2020.

Saat ini, jumlah anggota PCINU Tiongkok ada sebanyak 456 orang. Mereka merupakan mahasiswa dan mahasiswi di tingkat S1, S2, S3. Rata-rata mereka menimba ilmu di jurusan matematika, ekonomi, sains dan teknologi di kota Nanjing, Wuhan, Changchun, Chongqing, Shanghai, Guangzhou. (Abdullah Alawi)

Bagikan:
IMG
IMG