IMG-LOGO
Internasional

Sambut Musim Haji 1440 H, Kiswah Ka’bah Diangkat


Ahad 21 Juli 2019 22:00 WIB
Bagikan:
Sambut Musim Haji 1440 H, Kiswah Ka’bah Diangkat
Kiswah Ka'bah diangkat untuk menyambut musim haji (Reasah Al-Harmain)

Makkah, NU Online

Bagian bawah kiswah (kain hitam penutup Ka’bah) diangkat setinggi tiga meter pada Jumat (19/7) kemarin. Hal itu dilakukan sebagai salah satu persiapan untuk menyambut musim haji tahun ini.

 

Dilaporkan akun Instagram pengelola dua masjid suci, @ReasahAlharmain, kain kiswa Ka’bah tersebut diangkat selepas isya waktu setempat dan diganti dengan kain warga putih. "Kain penutup Ka'bah diangkat setinggi tiga meter, dalam rangka menyambut musim haji," tulis akun tersebut.

 

Prosesi ini merupakan kegiatan tahunan. Biasanya dilakukan sebelum musim haji betul-betul dimulai. Lebih dari 50 orang –terdiri dari teknisi dan spesialis- terlibat dalam proses pengangkatan kiswah Ka’bah tersebut.  

 

Kepala Presidensi Umum Dua Masjid Suci Ahmad bin Muhammad al-Mansouri menjelaskan, alasan kiswah Ka’bah diangkat dan diganti adalah karena bagian bawah kain hitam penutup Ka’bah itu sering disentuh bahkan ditarik para jamaah yang sedang tawaf. Dengan diganti yang baru, maka kualitas kiswah akan terjaga.

 

“Apa yang dilakukan beberapa jamaah haji terhadap Kiswah itulah sebabnya kain hitam dinaikkan dan diganti dengan kain putih selama haji,” kata al-Mansouri, dikutip laman Arab News, (19/7)

 

Menurut al-Mansouri, kiswa Ka’bah yang asli akan dikembalikan ke posisi semulanya setelah musim haji berakhir. Kain sutra hitam tua yang menutupi Ka'bah dilepas dan digantungkan kembali pada hari kesembilan Dzulhijjah setiap tahunnya.

 

Sebagai informasi, kiswah Ka’bah diproduksi di ‘Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kiswah Ka'bah’ yang memiliki lebih dari 200 karyawan dan mesin jahit terbesar di dunia dengan panjang mencapai 19 meter.

 

Kain kiswah dibuat dalam bentuk potongan besar, masing-masing lebarnya 10 sentimeter dan panjangnya 14 meter. Potongan-potongan itu kemudian disambung satu persatu dengan tetap mempertahankan desain semula. Setelah itu, kiswa dilapisi kain katun dan dijahit bersama.

 

Setiap bulab Dzul Hijjah, jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru dunia datang ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Menurut Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi, dilaporkan SPA, Sabtu (20/7), jumlah jamaah haji yang tiba di Saudi per Jumat, 19 Juli 2019 mencapai 515,016 orang; 503.118 jamaah datang via udara, 7.045 orang via darat, dan 4.853 orang via laut. (Red: Muchlishon)

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG