IMG-LOGO
Daerah

Gandeng IPNU-IPPNU, Madrasah Ini Kenalkan NU ke Siswa Baru Lewat Outbond


Senin 22 Juli 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Gandeng IPNU-IPPNU, Madrasah Ini Kenalkan NU ke Siswa Baru Lewat Outbond
IPNU-IPPNU Bojonegoro isi outbond
Bojonegoro, NU Online
Untuk mengenalkan Nahdlatul Ulama ke pelajar di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Roudltut Tholibin Kecamatan Balen, Bojonegoro, Jawa Timur, pada program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pihak yayasan menggandeng Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU Balen.
 
Pengenalan NU dilakukan kepada siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah (MTsI), Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI), dan Sekolah Menengah Kejuruan Taruna (SMKT) di Kecamatan Balen.
 
Acara yang dikemas dengan nama Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) digelar pada Sabtu (20/7), untuk mengenalkan lingkungan sekolah. Seangkan di luar kelas dikemas dalam bentuk outbond yang diisi tim PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Balen, sekaligus mengenalkan badan otonom NU di lingkungan madrasah.
 
Salah seorang guru, Ustadz Huda Abdullah kepada NU Online, Ahad (21/7) menjelaskan, panitia sengaja bekerja sama dengan 'Compact Outbond' dari PAC IPNU IPPNU Balen sebagai instruktur dalam pelaksanaan outbond tahun ini. Apalagi sekarang ini PW LP Maarif Jawa Timur sudah bekerja sama dengan PW IPNU IPPNU, untuk mendirikan Pengurus Komisariat (PK) di seluruh madrasah yang bernaung di LP Ma'arif NU.
 
"Dengan kerja sama ini diharapkan dari semua tingkatan PW, PC, PAC mampu mengembangkan IPNU-IPPNU di madrasah yang bernaung di LP Ma'arif NU, termasuk mengenalkan NU kepada seluruh siswa baru," terang guru yang menjadi seksi seksi outbond Matsama.
 
Ketua PAC IPPNU Balen Jaziatul Rizkiyah menjelaskan, tujuan outbond ini memperkenalkan organisasi kepada pelajar di era milenial dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan. Agar siswa-siswa baru lebih mengenal IPNU-IPPNU dan nantinya bisa berkhidmat untuk NU.
 
"Banyak game yang kita mainkan, selain asik juga melatih kerja sama, kekompakan dan jiwa leadership kepada siswa-siswi," jelas Kiki panggilanya.
 
Dijelaskan, ada beberapa permainan yang dipraktikkan mulai kaki gurita, black hole, transfer water, take a ring, estafet bola, dan jembatan buaya.
 
Instruktur Compact Outbond yang juga ketua PAC IPNU Balen, Amrun Jamil menambahkan, beberapa waktu yang lalu juga menjadi instruktur di Madrasah Ibtidaiyah Nurur Rohim (Minur) Desa Suwaloh Kecamatan Balen.
 
"Kalau ada sekolah yang ingin outbond, kami siap menjadi menjadi instrukturnya, sekaligus mengenal IPNU-IPPNU kepada siswa," imbuh Jamil.
 
Tampak saat outbond berlangsung para instruktur outbond yang juga pengurus PAC IPNU-IPPNU Balen begitu terampil memandu permainan. Sehingga membuat siswa-siswi sangat senang dan menikmati seluruh permainan dalam rangkaian Matsama. (M Yazid/Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG