IMG-LOGO
Nasional

Gantikan Prof Muhibbin, Imam Taufiq Pimpin UIN Wali Songo Semarang


Selasa 23 Juli 2019 18:45 WIB
Bagikan:
Gantikan Prof Muhibbin, Imam Taufiq Pimpin UIN Wali Songo Semarang
Rektor UIN Semarang mendapat ucapan selamat dari Menag RI, Luman Hakim Saifudin
Jakarta, NU Online
Profesor Imam Taufiq resmi dilantik oleh Menteri Agama (Menag) H Lukman Hakim Saifudin menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Wali Songo Semarang Periode 2019-2023 pada Selasa (23/7) di Jakarta.
 
Selain Taufiq, acara yang berlangsung di Operation Room Kemenag RI Jl Lapangan Banteng Barat 3/4 Jakarta Pusat, Menag juga melantik Prof Hamdan Juhanis sebagai Rektor Alauddin Makassar dan Prof Mahmud sebagai Rektor UIN Sunan Gunungjati Bandung.
 
Sebelum dilantik sebagai rektor, Imam Taufiq merupakan dosen kelahiran Jombang 31 Desember 1972 yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan. 
 
Imam juga aktif sebagai Wakil Katib Syuriyah PWNU Jateng 2014-2018 dan Wakil Sekretaris PMII Korcab Jateng 1997-1999.  Aktivitas lainnya adalah sebagai Sekretaris MUI Jateng 2015-sekarang dan Sekretaris IPHI Jateng 2018-sekarang. 

Pengalaman akademiknya mengikuti pelatihan di luar negeri dilaksanakan di Belanda, Austria, Singapura, Thailand, Australia dan India. Sehari-hari suami dari Arikhah juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Besongo Darul Falah Ngaliyan Semarang.
 
Dalam rilis yang diterima NU Online, Menag berpesan untuk mengembangkan UIN dan memahami eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam konteks keindonesiaan. Menag juga berharap bahwa kampus UIN harus semakin berkembang dan maju.
 
"Perguruan tinggi keagamaan harus menjaga Indonesia yang agamis dengan jalur moderat atau wasathiyah," tegasnya. 
 
Kampus agama, lanjutnya, tidak boleh lepas dari lima budaya kerja Kemenag, yakni integritas, profesional, inovasi, tanggungjawab, dan keteladanan.
 
Ucapan selamat atas pelantikan Imam Taufiq yang lebih akrab dengan panggilan kiai itu banyak mengalir lewat media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram dari kolega, civitas akademika UIN Wali Songo, alumni hingga aktivis NU Semarang disertai doa agar mampu mengemban amanat dan memajukan kampus Islam Rahmatan Lilalamin.
 
Hadir sebagai saksi, Sekretaris Jenderal Kemenag M Nur Kholis Setiawan dan Direktur Jenderal Islam Kamarudin Amin. Ikut menyaksikan pelantikan antara lain pejabat eselon 1, eselon 2, eselon 3, anggota DPR-RI dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Keluarga Alumni UIN Walisongo Lukman Hakim bersama segenap alumni di Jabodetabek. 
 
Lukman berharap sinergisitas kampus dengan alumni semakin baik dan menjadikan kampus UIN Walisongo sebagai kampus riset yang maju. (Red: Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG