IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Keberadaan Rijalul Ansor Memastikan Terjaganya Aswaja di Masyarakat


Selasa 23 Juli 2019 21:30 WIB
Bagikan:
Keberadaan Rijalul Ansor Memastikan Terjaganya Aswaja di Masyarakat
Ketua PC GP Ansor (Arjuna), Sekretaris PC NU (Imran Simanjuntak) dan Dewan Penasihat GP Ansor (Armansyah Pasaribu)
Pematangsiantar, NU Online
Rijalul Ansor sebagai bentuk penguatan menjamin keberlangsungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Dalam praktiknya ada empat visi besar yang diembannya sebagai bagian tidak terpisahkan dari Ansor dan NU.
 
“Ada empat visi besar Gerakan Pemuda Ansor,” kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pematangsiantar, Sumatra Utara, Selasa (23/7).
 
Keempatnya adalah revitalisasi nilai dan tradisi, penguatan sistem kaderisasi, pemberdayaan potensi kader, dan kemandirian organisasi. “Implementasi dari visi revitalisasi nilai dan tradisi dilaksanakan melalui gerakan Rijalul Ansor,” ungkap Arjuna.
 
Dalam pandangannya, kegiatan rutin Rijalul Ansor adalah demi menunaikan mandat NU. “Ini sebagai implementasi visi GP Ansor, yaitu revitalisasi nilai dan tradisi untuk menjaga dan mempertahankan paham akidah Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja ala Nahdlatul Ulama,” terangnya. 
 
Hal tersebut disampaikan Arjuna pada kegiatan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Pematangsiantar yang dipusatkan di Sekretariat PC Muslimat NU, Jalan Deyah No 8 Pematangsiantar.
 
Selain amalan dzikir dan shalawat, kegiatan Rijalul Ansor kali ini juga telah merumuskan dan menyepakati agenda penting PC GP Ansor Pematangsiantar. Yaitu kaderisasi Diklat Terpadu Dasar pada Agustus dan Konferensi Cabang Oktober 2019. Seluruh peserta dengan semangat memberi masukan dan saran termasuk Dewan Penasihat GP Ansor Pematangsiantar.
 
Dalam arahannya, Imran Simanjuntak menjelaskan kelahiran GP Ansor yang diwarnai oleh semangat perjuangan, nasionalisme, dan etos kepahlawanan, Bahwa saat perjuangan fisik melawan penjajahan, peran Ansor sangat menonjol. 
 
“Untuk itu GP Ansor harus berperan aktif dan kritis dalam pembangunan demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan yang diridhai Allah SWT,” katanya. 
 
Dirinya juga mendukung kegiatan kaderisasi yang akan dilaksanakan GP Ansor Pematangsiantar dalam waktu dekat.
 
Pada kesempatan tersebut PC NU Kota Pematangsiantar menyerahkan 60 pakaian Diklat kepada panitia pelaksana Diklat Terpadu Dasar PC GP Ansor Pematangsiantar.
 
Kegiatan dihadiri unsur Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, Satkorcab Banser. Dari unsur Dewan Penasihat hadir. Masjudan Pulungan dan Armansyah Pasaribu. 
 
Sedanggkan dari undangan hadir PC Muslimat NU Pematangsiantar. Dan sebagai pemateri Rijalul Ansor yaitu Imran Simanjuntak, Sekretaris PC Nahdlatul Ulama Kota Pematangsiantar. (Ibnu Nawawi)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG