IMG-LOGO
Internasional

Arab Saudi Luncurkan Program Penyediaan Air Zamzam Jamaah Haji


Selasa 23 Juli 2019 23:00 WIB
Bagikan:
Arab Saudi Luncurkan Program Penyediaan Air Zamzam Jamaah Haji
Ka'bah (Foto: pri.org)
Makkah, NU Online
Arab Saudi meluncurkan program penyediaan air zamzam bagi para jamaah haji di kantor Al-Zamazema, Senin (22/7). Program yang diberi nama Al-Zamzami al-Sagheer itu disponsori oleh Wakil Menteri Agama untuk Haji, Hussein al-Sharif.

Amir bin Faisal Obaid, juru bicara kantor Al-Zamazema, menjelaskan, program dan inisiatif itu bertujuan untuk menyediakan air zamzam bagi para jamaah haji. Layanan ini diberikan kepada seluruh jamaah haji yang berasal dari luar wilayah Arab Saudi. 

Air zamzam yang didisediakan itu langsung berasal dari sumur zamzam yang terletak di Masjidil Haram, Makkah. Dalam Islam, zamzam dipercaya sebagai sumber mata air yang dihasilkan secara ajaib dari Allah. Air zamzam dinilai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk penyembuhan. 

Dilaporkan Arab News, Senin (22/7), peluncuran program tersebut menegaskan komitemen Arab Saudi untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien sehingga para jamaah dalam menjalankan ibadah haji nyaman dan mudah. Program ini di bawah Kementerian Umrah dan Haji Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi membagikan sejuta SIM card dan internet gratis untuk jamaah haji tahun ini. Pembagian kartu perdana tersebut dilakukan di Bandara Internasional King Abdul Azis ketika para jamaah haji tiba.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program yang bertujuan untuk memfasilitasi para jamaah yang ingin berkomunikasi dengan para kerabatnya. Para tim akan bekerja selama 24 jam sehari selama musim haji untuk membagikan SIM card kepada para jamaah yang baru datang.

Tidak hanya itu, untuk membuat jamaah nyaman dan mudah dalam melaksanakan haji, Saudi medistribusikan buku-buku panduan haji dan Al-Qur’an kepada para jamaah haji tahun ini. Wakil Menteri Publikasi dan Urusan Cendekiawan, Sheikh Abdulaziz bin Mohammed al-Hamdan, menjelaskan, ada 52 judul buku tentang haji yang disetujui untuk dibagikan kepada para jamaah haji. Buku-buku tersebut tersebut tersedia dalam 30 bahasa. 
 
Di samping itu, ada 8 juta salinan Al-Qur’an dan terjemahannya, serta buku-buku ritual dan manual lainnya yang didistribusikan kepada para jamaah tahun ini. Dikutip dari laman kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, Rabu (17/7), program ini dimaksudkan agar para jamaah memiliki pengetahuan yang benar tentang tata cara melaksanakan haji dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

Diperkirakan, jumlah umat Islam yang datang ke Arab Saudi untuk melaksanakan haji tahun ini mencapai lebih dari 1,7 juta orang. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG