IMG-LOGO
Nasional

Gus Muwafiq: Jika Mengaku Umat Nabi, Harus Jaga Keamanan Bangsa dan Negara

Kamis 25 Juli 2019 11:0 WIB
Bagikan:
Gus Muwafiq: Jika Mengaku Umat Nabi, Harus Jaga Keamanan Bangsa dan Negara
KH Ahmad Muwafiq (dok. NU Online)
Jakarta, NU Online
KH Ahmad Muwafiq atau biasa disapa Gus Muwafiq menegaskan bahwa jika seseorang mengaku umat Nabi Muhammad SAW, maka harus menciptakan keamanan dan ketentraman untuk bangsa dan negaranya. Allah kata Gus Muwafiq telah mengajarkan hal tersebut melalui  ayat-ayat suci Al-Qur’an seperti tertera pada surat At-Tin ayat 1-6. 

Makna yang terandung dalam ayat itu, yakni dimana pun mengajarkan amanu wa amilu shalihati, jangan pernah melupakan ahsani taqwim  yaitu bentuk terbaik bangsa Indonesia yang diciptakan Allah SWT. 

“Karena Allah telah mengajarkan wat thini demi buah tin, wa zaytun, demi zaitun, wa turisinin, demi gunung Sinai, wa hadzal baladil amin demi negeri yang aman, demi bangsa dan negara, wat thin simbolnya Nabi Nuh, wa zaitun simbolnya Nabi Ibrahim. Wa turisinin Nabi Musa. Silmbol Nabi Muhammad apa? Wa hadzal baladil amin, demi keamanan sebuah bangsa dan negara. Maka jangan mengaku umat Rasulullah kalau kamu tidak mampu membentuk keamanan bangsa dan negara, membentuk ketentraman sebuah bangsa dan negara,” kata Gus Muwafiq saat mengisi pengajian di salah satu pesantren di Jawa Tengah, Rabu (24/7). 

Ia menuturkan sebelum Islam datang ke Indonesia bangsa Indonesia sudah besar terbukti dari dua kerajaan yang ada yakni Kerajaan Sriwijaya di Jawa Barat dan Majapahit di Jawa Timur. Cara mempertahankan keamanan Indonesia dulu dan kini tentu berbeda yaitu dengan melestarikan ragam budaya Indonesia.

“Kita ini sudah menjadi bangsa besar sebelum Islam datang, yang di sini Sriwijaya Jawa Barat, Padjajaran, Jawa Timur Majapahit, kalau kita menggunakan cara-cara yang biasa remuk kita berhadapan dengan Majapahit berhadapan dengan Sriwijaya, Allah. Dibahasakan dengan Allah bahasa sininya pengeran, sembahyang,  kita kenalnya Kiai, maka pakai bahasa ibu agar tercipta baladil amin, lah sekarang orang lupa itu,” tuturnya.

Selan itu, sangat diwajarkan jika Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tertolak di Indonesia sebab HTI mengajarkan amanu wa amalu shalihat  (keimanan dan kebajikan) tetapi mengingkari wa hadzal baladil amin (keamanan negeri). Dan menuduh negara ini telah menistakan ulama, padahal tidak ada ulama atau kiai yang dinistakan.  

Gus Muwafiq mengungkapkan akhir-akhir ini kelompok-kelompok tersebut bukan saja membicarakan agama tetapi membahas persoalan negara. Bahkan, kelompok radikal itu menyebut negara adalah bid’ah dan merah putih tidak boleh dihormati. 

Tentu, framing tersebut harus diluruskan dan sebagai kader NU dirinya mengaku harus angkat bicara atas nama bangsa Indonesia. 

“Kalau keributanmu masalah qunut gak papa itu urusan masjid, urusan Langgar, tapi menyinggung Pancasila, kamu sudah menyinggung merah putih bahkan kamu sudah mengatakan presiden ini presiden jelek ya marah saya, siapa yang akan menghargai Presiden kita selain bangsanya sendiri. Lurah meski kecil tetep lurah kita panggil Pak Lurah,” ujarnya. (Abdul Rahman Ahdori/Abdullah Alawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

Kamis 25 Juli 2019 23:30 WIB
Di Perang Sabil, Diponegoro Pakai Simbol Agama untuk Tuntut Keadilan
Di Perang Sabil, Diponegoro Pakai Simbol Agama untuk Tuntut Keadilan
Zastrouw Al-Ngatawi
Jakarta, NU Online
Mengenal Diponegoro tidak bisa lepas dari peristiwa bersejarah, yakni Perang Sabil atau yang juga dikenal sebagai Perang Jawa (De Java Oorlog van 1825-1830). Peristiwa itu banyak disebut menjadi tonggak sejarah perang di bawah panji syariat Islam di Tanah Jawa.
 
Menurut Budayawan Zastrouw Al-Ngatawi, Diponegoro merupakan seorang yang masuk kategori radikal kritis dan bukan radikal fundamentalis. Disebut demikian, kata Zastrouw, karena Dipongoro saat Perang Sabil menggunakan simbol-simbol agama dan ayat-ayat Al-Qur-an untuk menuntut keadilan kepada penjajah yang zalim. 
 
Jadi menurutnya, tidak dibenarkan kalau ada kelompok yang ingin menegakkan negara Islam atau khilafah dengan memakai spirit Diponegoro. 
 
"Ini kalau kita salah menjelaskan, ini bisa menjadi inspirasi kaum Wahabi bahwasanya 'iki kudu diberontak iki', padahal dulu yang diberontak (oleh Diponegoro) itu londo (Belanda), bukan pemerintahan yang sah (seperti Indonesia), yang beragama Islam," kata Zastrouw.
 
Hal tersebut diungkapkan pada peluncuran buku Jejaring Ulama Diponegoro: Kolaborasi Santri dan Ksatria Membangun Islam Kebangsaan Awal Abad ke-19 karya Zainul Milal Bizawie di Auditorium 2 Gedung Perpusnas RI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).
 
Pria yang juga akademisi Unusia Jakarta ini pun menguraikan ciri-ciri radikal kritis.
 Pertama, menjadikan ayat dan simbol agama untuk melakukan perlawanan menuntut keadilan. "Jadi tujuannya bukan untuk fundamentalis, mendirikan khilafah, dan menegakkan syariat, bukan itu," ucapnya.
 
Kedua, tokohnya berasal dari lokal dan mengadopsi tradisi dan kebudayaan yang ada. Ketiga, merajut kekuatan-kekuatan lokal ini bukan dari bagian gerakan transnasional.
 
"Ini yang membedakan Diponegoro dengan gerakan fundamentalis. Meskipun sama-sama pakai agama, sama-sama pakai simbol ayat, tetapi spirit yang ada di dalamnya bukan untuk fundamentalisme agama, tetapi kritisisme agama, sehingga dia menjadi 'Bapak Nasionalisme Indonesia' sebelum gerakan nasionalisme yang dipelopori oleh para ex pendidikan Eropa itu," ucapnya.
 
Menurutnya, Perang Sabil merupakan bentuk nasionalisme Diponegoro. Nasionalisme itu terbentuk atas bacaannya yang luas dan menggabungkan antara khazanah Arab dan kenusantaraan. 
 
Diponegoro disebut mempelajari kitab-kitab kuning klasik, seperti Al-Ghayah wat Taqrib karya Al-Qadhi Abu Syuja, Nasihatul Mulk karya Imam Ghazali, Muharrar karya Imam Al-Fara'i, dan Lubabul Fiqih karya Al-Mahalli, dan Tajus Salatin. 
 
Selain itu, Diponegoro juga mengkaji kitab-kitab kejawaan, yakni Arjuna Wiwaha karya Empu Kanwa, Joyo Lengkoro Wulang, dan Bongo Suwiryo. "Sehingga dia bisa mempertautkan antara khazanah klasik kitab-kitab kuning warisan kebudayaan Arab, pemokiran Timur Tengah dengan khazanah kenusantaraan Indonesia, dan dia rajut menjadi suatu spirit perjuangan nasionalisme," bebernya. 
 
Diponegoro jelasnya, menyatukan ulama, ksatria, pendeta, dan seluruh lapisan masyarakat karena beliau mempunyai kapasitas untuk itu. (Husni Sahal/Muiz)
Kamis 25 Juli 2019 23:15 WIB
Partisipasi Aktif LPBINU dalam Ekspedisi Destana 2019
Partisipasi Aktif LPBINU dalam Ekspedisi Destana 2019
Destana 2019.
Jakarta, NU Online
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) 2019 yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di pesisir Selatan Jawa yang dimulai dari Banyuwangi di timur hingga Banten di ujung barat. Ekspedisi ini dimulai pada 12 Juli 2019 lalu, dan melewati 584 desa di lima provinsi hingga berakhir pada 17 Agustus nanti.
 
Ada lebih dari 600 ribu orang tinggal di desa-desa tersebut, dan ekpedisi ini menilai sejauh mana mereka siap menghadapi bencana. Apalagi, pantai selatan Jawa tercatat berpotensi mengalami tsunami setinggi lebih dari 20 meter menurut paparan ahli BPPT. 
 
Menurut Seketaris LPBINU Pusat, Yayah Ruchyati, pada ekspedisi ini, LPBINU berpartisipasi aktif mensosialisasikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran dalam kesiapsiagaan bencana serta mengajak masyarakat waspada dari ancaman tsunami.
 
"Melalui Kegiatan Ekpedisi Destana Tsunami 2019 ini, LPBINU mengajak masyarakat Indonesia untuk terus tingkatkan kemampuan hadapi bencana, sudah harus mulai peka soal isu kebencanaan," kata Yayah, Rabu (24/7).
 
Selain itu menurutnya, tim Ekspedisi Destana 2019 akan menyediakan informasi bagi masyarakat, salah satunya seperti memasang rambu peringatan daerah rawan tsunami. Pemasangan tersebut diawali dari Pantai Tambak, dan dilakukan oleh sejumlah relawan dari BPBD setempat, perwakilan BNPB, dan seluruh tim Ekspedisi Destana 2019.
 
Hal tersebut juga memiliki berguna sebagai metode peringatan dini yang lebih efektif, dan melakukan perencanaan yang lebih baik dalam program pengurangan risiko bencana.
 
"Dengan papan peringatan tersebut, warga sekitar serta pengunjung Pantai Tambak bisa lebih mengenal akan ancaman gempa dan tsunami sekaligus mengetahui apa yang harus dilakukan saat tanda bahwa bencana itu akan datang," ujar Yayah.
 
Yayah mengatakan bahwa Ekspedisi Destana ini adalah sebuah langkah awal dan tepat oleh BNPB dengan menggandeng berbagai elemen guna meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia dalam kesiapsiagaan menghadapi dan mengurangi resiko terjadinya bencana, siap mengenali ancaman bencana, mencegah banyak korban bencana, dan komitmen untuk mencintai bumi Indonesia.

Kegiatan Ekpedisi Destana Tsunami ini  diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dengan menyusuri beberapa daerah di sepanjang pantai selatan Jawa dari Jawa Timur hingga Banten yang berpotensi tsunami. (Anty Husnawati/Kendi Setiawan)
Kamis 25 Juli 2019 23:0 WIB
Sejarawan Didorong Tulis Perjuangan Indonesia Sejak Awal Abad 19
Sejarawan Didorong Tulis Perjuangan Indonesia Sejak Awal Abad 19
Dekan Fakultas Islam Nusantara Unusia Jakarta Ahmad Suaedy
Jakarta, NU Online
Dekan Fakultas Islam Nusantara Unusia Jakarta Ahmad Suaedy mendorong agar sejarawan mulai menulis ulang perjuangan kemerdekaan Indonesia dari awal abad ke-19. Sebab dalam amatannya, sejumlah disertasi sejarah tentang perjuangan kemerdekaan yang ada dihiasi oleh penulisan sejak awal abad 20.
 
"Saya beranggapan kemerdekaan Indonesia harus ditulis kembali dimulai dari awal abad 19, yaitu dimulai dari Diponegoro. Bukan dari akhir abad 19 atau awal abad 20," kata Suaedy.
 
Hal itu disampaikan saat memberikan testimoni pada peluncuran buku Jejaring Ulama Diponegoro: Kolaborasi Santri dan Ksatria Membangun Islam Kebangsaan Awal Abad ke-19 karya Zainul Milal Bizawie di Auditorium 2 Gedung Perpusnas RI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).
 
Menurut Suaedy, akibat sejarah kemerdekaan yang dimunculkan tidak dari awal abad 19, membuat yang tampak berperan dalam kemerdekaan Indonesia adalah politik etis, yakni kemerdekaan dianggap berkat kemurahan Belanda.
 
"Politik etis yang menjadi sasaran adalah para karyawan Belanda yang tujuannya membuat tenaga kerja yang terampil dan murah, tetapi para kiai, santri yang berjuang sejak abad 19 hampir tidak dimunculkan," katanya.
 
Akibat lainnya sambung Suaedy, seolah-olah yang paling berjasa bagi kemerdekaan Indonesia adalah gerakan-gerakan kemerdekaan Islam di luar negeri, seperti gerakan Islam di Mesir dan Turki.
 
"Jarang sekali para sejarawan atau penulis buku tentang awal abad 19 seperti apa yang ditulis Milal ini," ucapnya.
 
Ia menyebut Diponegoro sebagai seorang kosmopolit karena mengikuti informasi yang berkembang dan mempunyai bacaan yang luas, yakni buku-buku babon tentang Jawa, Islam Jawa, dan literatur-literatur Islam klasik, khususnya tentang tasawuf.
 
"Dan jangan lupa yang keempat, beliau mengikuti pemberitaan dunia Islam, khususnya Turki Utsmani," ucapnya.
 
Selain Suaedy, hadir juga tokoh lain yang mengemukakan testimoninya, yaitu Katib Syuriyah PBNU KH Miftah Faqih, Akademisi UIN Syarif Hidayatullah M Ikhsan Tanggok, Jubir BIN Wawan Hari Purwanto, Ketua Lakpesdam PBNU Rumadi Ahmad, Budayawan Zastrouw Al-Ngatawi, dan Direktur Islam Nusantara Center A Ginanjar Sya'ban. (Husni Sahal/Muiz)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG