IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Kewajiban Mempunyai Pemimpin


Kamis 25 Juli 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Kewajiban Mempunyai Pemimpin
Pengajian pada Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus Putri Pesantren Al-Azhar Citangkolo Banjar, Kamis (18/7) malam,
Kota Banjar, NU Online
Setiap kelompok pastilah mempunyai anggota lebih dari tiga orang. Dan, setiap kelompok pastilah mempunyai pemimpin. Hal itu juga sesuai dengan ungkapan Rasulullah Saw dalam haditsnya.
 
"Apabila ummatku berkumpul lebih dari tiga orang maka harus ada pemimpinnya. Nah santri putri lebih dari tiga orang. Maka wajib harus ada pemimpin di antara kalian," kata KH Munawir Abdurrohim, pengasuh pondok pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar, Jawa Barat.
 
Berbicara pada acara Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus Putri periode 2019-2020, Kamis (18/7) malam, Kiai Abdurrohim menegaskan acara yang digelar pada malam Jumat ini merupakan acara yang istimewa bagi umat Muslim.
 
"Karena hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Dan, umat Islam mempunyai kitab suci sepanjang zaman yaitu Al-Qur'an. Dengannya, seluruh manusia berpedoman," paparnya.
 
Selain Al-Qur'an ada pula sunah Nabi Saw, ijma, dan  qiyas. "Qiyas inilah yang digunakan oleh para pengurus untuk menentukan dan memecahkan permasalahan untuk mencapai ketertiban dan kenyamanan santri," imbuhnya. 
 
Abah Haji, sapaan akrab Romo KH Munawir mengingatkan kepada seluruh santri untuk rajin dan semangat dalam menjalankan ngaji serta aktivitas belajar dipondok pesantren.

Tak hanya itu, sebelum mengucapkan ikrar pelantikan, ia mengingatkan dan memberikan semangat kepada kepengurusan baru untuk selalu memberikan uswatun hasanah bagi seluruh santri.  Pengurus harus menjadi yang terdepan dalam hal kebaikan.
 
"Sebelum berjamaah, pengurus harus siap dulu. Pengurus harus tanggap dan semangat dalam berbagai kegiatan," ungkapnya.
 
Tak lupa iamengucapkan terima kasih kepada kepengurusan sebelumnya yang telah mengabdi dan menyumbangkan tenaganya. "Barangsiapa berbuat kebaikan sebesar biji jarah pun maka akan mendapatkan hasilnya, begitu pun sebaliknya. Semoga bisa lebih baik dan lebih baik lagi," pungkasnya. (Siti Aisyah/Kendi Setiawan)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG