Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Periode Kepengurusan Berakhir, NU Sumedang Gelar Konfercab

Periode Kepengurusan Berakhir, NU Sumedang Gelar Konfercab
PCNU Sumedang, Jabar
PCNU Sumedang, Jabar
Sumedang, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumedang Jawa Barat KH Sa'dulloh mengatakan, PCNU Sumedang akan menggelar permusyawaratan tertinggi pengurus tingkat cabang, yakni Konferensi Cabang (Konfercab) ke-13 NU.
 
"Pelaksanaannya akan dilakukan selama dua hari. Yaitu, Sabtu-Ahad,  (27-28/7) besok," ujar Sa'dulloh saat menggelar Konfrensi Pers di Gedung PCNU Sumedang, Kamis (25/7) kemarin.
 
Dikatakan, Konfercab ini sudah yang ke-13 kali sejak NU di Sumedang berkiprah. Berperan membina masyarakat berlandaskan Islam Ahlussunnah Waljamaah, Islam Rahmatan Lilalamin.
 
"Kita mengusung tema 'Kontektualisme Fikrah Nahdliyyah Dalam Menumbuhkan Kembali Semangat Nasionalisme', khususnya di Kabupaten Sumedang," jelasnya.
 
Ia menuturkan, tema ini diambil karena seperti diketahui dalam beberapa bulan lalu melaksanakan perhelatan Pilpres, Pemilu, dan Pileg yang menyita waktu tenaga dan pikiran. Terutama, melihat panasnya suasana politik, kemudian dikhawatirkan mengarah pada perpecahan bangsa.
 
"Karena itu, semangat nasionalisme dan cinta tanah air perlu dibangunkan dan digaungkan kembali," tegasnya.
 
Sa'dulloh menuturkan, pada Kofercab kali ini tidak hanya digaungkan semangat menjaga persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan di kalangan NU saja, tapi NU menginginkan agar seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Sumedang kembali bersatu setelah perhelatan Pilpres.
 
"Apalagi, semuanya sudah diputuskan di MK. Kita kembali melaksanakan aktifitas normal sebagai anak anak bangsa," tukasnya.
 
Dijelaskan, Konfercab NU ini melalui sidang sidang komisi akan menentukan dan merumuskan program kerja lima tahun ke depan. Kemudian, yang paling krusial adalah pemilihan pengurus, yaitu Rais dan Ketua PCNU Sumedang masa bakti 2019-2024.
 
"Tentu harapan kami pada masyarakat, terutama warga NU agar Konfercab berjalan lancar dan sukases. Menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi warga NU khususnya dan bagi warga Sumedang umumnya. Dan mendapatkan ridlo dari Allah SWT sehingga apa yang diputuskan serta perjuangan para kiai mendapatkan pahala di sisi Allah SWT," harapnya.
 
Ketua Panitia Konfercab NU Jujun Juhanda mengatakan, pihaknya diberikan mandat PCNU Sumedang untuk melaksanakan tugas kepanitiaan untuk menyukseskan pelaksanaa Konfercab NU. Pihaknya akan berusaha melaksanakan amanah ini dengan sebaik baiknya.
 
"Dua hari ke depan Insyaallah kita akan sama-sama melaksanakan Konfercab meskipun rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan sejak 2 Juni 2019 yang diawali dengan pra Konfercab ke 1," jelasnya.
 
Kemudian, kata dia, pra Konfercab ke 2 dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019. Tentu hasil Pra Konfercab 1 dan ke 2 akan dibawa ke Konfercab.
 
"Mudah mudahan hasil keputusan keputusan Konfercab mendatang akan menjadi keputusan yang terbaik bagi NU Kabupaten Sumedang," pungkasnya. (Ayi Abdul Kohar/Muiz)
BNI Mobile