IMG-LOGO
Internasional

Agar Jamaah Haji Nyaman, Arab Saudi Kurangi Panas di Jalur Pejalan Kaki


Jumat 26 Juli 2019 22:30 WIB
Bagikan:
Agar Jamaah Haji Nyaman, Arab Saudi Kurangi Panas di Jalur Pejalan Kaki
Permukaan sebuah jalur pejalan kaki di Makkah setelah dilapisi ubin penghambat panas (Arab News)
Makkah, NU Online
Otoritas Arab Saudi telah berhasil menyelesaikan fase pertama proyek pelapisan penghambat panas pada permukaan trotoar di jalur pejalan kaki di situs-situs suci Makkah. Proyek tersebut melapisi  3.500 meter persegi jalur pejalan kaki di Mina sampai fasilitas jamarat. 

Direktur Jenderal Situs-situs Suci Makkah, Ahmed Manshi, menjelaskan, proyek tersebut dimaksudkan untuk mengurangi suhu pada permukaan jalur pejalan kaki di sejumlah situs suci di Makkah. Menurutnya, proyek ini akan membantu mengurangi suhu hingga 15-20 derajat celcius. Suhu akan direkam setiap 10 detik selama musim menggunakan sensor yang dipasang di bawah aspal.

"Proyek ini bertujuan untuk mengurangi suhu permukaan trotoar di daerah Shaiben, dan ada kemungkinan untuk memasukkan fasilitas Jamarat, dan melapisi beberapa jalur pejalan kaki dan tempat-tempat suci," jelas Manshi, dikutip dari laman Arab News, Kamis (25/7).

Proyek ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan jamaah ketika mereka menjalankah haji. Terutama ketika mereka bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Melalui proyek itu, jalur jalan kaki di Mina hingga fasilitas jamarat diaspal menggunakan ubin yang terkait. Di kedua sisi jalur pejalan kaki disediakan bangku-bangku untuk jamaah beristirahat.

Tabir surya juga telah dipasang untuk melindungi para jamaah haji dari sinar matahari. Jalur pejalan kaki juga dilengkapi dengan penghalang beton untuk mencegah kendaraan memasuki area itu.
 
Sementara untuk penerangan, digunakan tiang berteknologi tinggi dan balok LED. Selain lebih terang, balok LED ini juga lebih hemat dan rendah emisi dari pada lampu penerang biasa. 

Untuk mengukur keberhasilan proyek ini, Manshi mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan survei kepada para jamaah selama musim haji tahun ini. Apakah suhu panas di sejumlah jalur pejalan kaki yang dilapisi itu berkurang atau tidak.

Manshi mengaku sudah berkoordinasi dengan Raja Salman terkait dengan proyek tersebut. Ia menyebut, pihaknya telah merekomendasikan untuk melakukan hal yang sama ke jalur-jalur pejalan kaki lainnya di Makkah. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG