IMG-LOGO
Internasional

Layani Jamaah Haji, Saudi Sediakan ‘Call Center 911’ Multi Bahasa


Ahad 28 Juli 2019 00:32 WIB
Bagikan:
Layani Jamaah Haji, Saudi Sediakan ‘Call Center 911’ Multi Bahasa
Ilustrasi jamaah haji (tripulous.com)
Makkah, NU Online
Arab Saudi telah memperluas cakupan fasilitas panggilan darurat (call center) 911 tahun ini. Sebelumnya, layanan call center 911 sudah ada di Makkah sejak lima tahun lalu. Namun, tahun ini Pusat Operasi Keamanan Nasional Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi meluncurkan layanan itu di tiga kota baru, yakni Madinah, Riyadh, dan Syargiyah. 

Tidak hanya itu, layanan ini disiapkan untuk melayani jamaah haji dari berbagai negara. Selain bahasa Arab, seperti diberitakan Arab News, Sabtu (27/7), layanan call center 911 ini juga melayani percakapan dalam banyak bahasa seperti bahasa Urdu, Jerman, Inggris, Perancis, dan Indonesia. 

Jadi, jika ada jamaah haji yang tersesat, mengalami gangguang medis, membutuhkan bantuan terkait arah jalan, atau kehilangan barang dan tidak tahu harus menghubungi siapa, maka kali ini mereka tidak perlu khawatir. Mereka tinggal mengambil handphonenya dan menghubungi nomor 911. Maka tim layanan call center 911 Saudi akan segera memberikan respons dan bantuan yang dibutuhkan. 

Pusat Operasi Keamanan Nasional akan mengirimkan pesan melalui ponsel jamaah haji untuk memberitahukan layanan yang diberikan. Bunyi pesan tersebut adalah “Jamaah yang terhormat, melayani Anda adalah sebuah kehormatan dan keamanan Anda adalah tugas kami. Polisi siap untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda pada saluran 911.”

Layanan call center 911 akan tersedia selama 24 jam dan 7 hari dalam sepekan. Selain menerima ‘aduan’ dari jamaah, pusat layanan ini juga selalu memperbaharui informasi mengenai banyak hal –mulai dari informasi badai padang pasir, keberadaan hewan di tengah jalan, hingga penutupan jalan karena kecelakaan- melalui akun Twitternya. 

Layanan call center 911 ini sangat efektif dan cepat sehingga sangat membantu jamaah haji yang tengah mengalami kesulitan atau masalah sementara mereka dalam keadaan darurat atau tidak tahu harus menghubungi siapa. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG