IMG-LOGO
Daerah

Jaga Kesuburan Tanah, Kampus Ini Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik 


Ahad 28 Juli 2019 09:00 WIB
Bagikan:
Jaga Kesuburan Tanah, Kampus Ini Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik 
Pelatihan pembuatan pupuk organik oleh KKN Riset Partisipatif Instika Sumenep.
Sumenep, NU Online
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Riset Partisipatif 2019 Institut Ilmu Keislaman (Instika) Guluk-guluk, Sumenep, Jawa Timur Posko 22 Desa Gunggung Kecamatan Batuan mengadakan pelatihan Pembuatan pupuk organik.
 
Kegiatan menggandeng Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPP NU) Kabupaten Sumenep dengan melibatkan Pengurus Ranting NU Desa Gunggung dan Kelompok Tani, Sabtu (27/7). 
 
“Desa ini memiliki potensi sumber daya alam bidang pertanian. Hamparan lahan yang mayoritas area persawahan ini menjadi satu pertanda bahwa rata-rata masyarakatnya adalah petani. Apalagi secara letak geografis, desa ini berada di pinggiran kota, dalam kata lain, penyangga kota,” kata Ainul Amin Zain.
 
Menurut Ketua Posko KKN Instika Posko 22 tersebut, potensi alam yang melimpah ruah ini hendaknya dapat ditangani dengan baik. 
 
“Alhamdulilah ini dirasa penting oleh segenap mahasiswa yang sedang menjalani masa pengabdian atau KKN untuk memberikan perhatian lebih,” ungkapnya. 
 
Menurutnya, dengan pelatihan nantinya para mahasiswa memberikan pemahaman dan praktik. “Tentang bagaimana tata cara bercocok tanam yang baik agat tidak sampai merusak kondisi tanah,” jelasnya. 
 
Dalam pertemuan yang dihadiri puluhan orang tersebut, PC LPP NU sengaja dihadirkan untuk memberikan pelatihan, baik secara teori maupun praktik pembuatan pupuk organik. 
 
“Karena keberadaan pupuk kimia jelas akan semakin membuat tanah tidak subur dan mengurangi gizi dalam tumbuhan itu sehingga juga mempengaruhi kesehatan manusia sebagai konsumen,” kata H Alfin Husni.
 
Ketua PC LPP NU Sumenep tersebut mengemukakan bahwa melibatkan warga kampung dalam segala kegiatan adalah pilihan tepat. Kalau di struktur NU itu disebut dengan pengurus ranting.
 
"Ranting adalah nafas NU. Sangat penting jika forum-forum semacam ini terus dilakukan oleh pengurus NU yang membidani pertanian di tingkat kabupaten terhadap bawahan-bawahannya di tingkat desa,” ujarnya. 
 
Sambutan positif atas digelarnya kegiatan ini juga disampaikan Marhawan. “Bahkan kami berharap kegiatan bisa lebih detil lagi yakni dengan membimbing tahap demi tahap supaya pengurus ranting mampu memberikan penyadaran kepada masyarakat manfaat penggunaan pupuk organik,” kata Ketua Ranting Gunggung saat sambutan. (Abbas/Ibnu Nawawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG