IMG-LOGO
Daerah

Jaga Amaliah NU, Ansor Dukuhwaru Tegal Kukuhkan Majelis Rijalul Ansor


Ahad 28 Juli 2019 11:00 WIB
Bagikan:
Jaga Amaliah NU, Ansor Dukuhwaru Tegal Kukuhkan Majelis Rijalul Ansor
Pengukuhan Pengurus MDS Rijalul Ansor, Dukuhwaru, Kabupaten Tegal
Tegal, NU Online
Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menggelar kegiatan perdana Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor, Jumat (26/7) malam di Mushala Nurul Hidayah Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
 
Dalam kegiatan tersebut sekaligus dikukuhkan Pengurus Lembaga Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Dukuhwaru masa khidmat 2019-2021 oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru Nurkhasan.
 
Dalam sambutannya usai pelantikan Nurkhasan mengatakan, Rijalul Ansor merupakan Majelis Dzikir dan Shalawat yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor untuk menjaga nilai dan tradisi amaliyah NU. 
 
"Kegiatan ini sebagai bentuk menjaga tradisi amaliah NU dan mempertahankan paham Aqidah Ahlussunnah waljamaah ala Nahdlatul Ulama. Selain itu sebagai upaya konsolidasi kiai dan ulama muda Gerakan Pemuda Ansor di setiap tingkatan," katanya.
 
Menurut Khasan, Majelis Dzikir Shalawat (MDS) Rijalul Ansor tingkat Kecamatan Dukuhwaru rencananya bakal digelar rutin bulanan setiap Jumat Kliwon malam Sabtu Manis setiap bulannya.
 
Dijelaskan, MDS bertugas antara lain mensyiarkan ajaran-ajaran dan amalan-amalan keagamaan yang telah diajarkan oleh para masyayikh NU dan para Wali penyebar agama Islam di Nusantara.
 
"Tugas lain adalah melaksanakan program-program kegiatan peringatan hari besar Islam sebagai upaya dakwah Islam Ahlussunnah waljamaah ala Nahdlatul Ulama," ujarnya.
 
MDS Rijalul Ansor, lanjutnya juga bertanggung jawab menjaga, memelihara dan menjamin kelangsungan hidup dan kejayaan akidah ahlussunnah waljamaah ala NU dan menjaga gerakan Islam Indonesia tetap sebagai agama Islam yang rahmatan lil alamin serta menolak cara-cara kekerasan atas nama Islam.
 
"Semoga kita selalu Istiqamah untuk melaksanakan amaliyah-amaliyah NU seperti tahlilan, maulidan, dan tentunya pengembangan Rutinan Rijalul Ansor," harapnya.
Wakil Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Tegal H Sono Sugiarto yang berkesempatan hadir menyambut baik dimulainya rutinan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor tingkat Kecamatan Dukuhwaru.
 
Dirinya berharap, dengan terbentuknya Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor akan membantu dan menopang keberlangsungan program Gerakan Pemuda Ansor.
 
"Saya sangat berbahagia, kegiatan Perdana ini cukup meriah dan syiar. Mudah-mudahan, ke depan rutinan Rijalul Ansor tingkat Cabang Kabupaten Tegal bisa digelar di Kecamatan Dukuhwaru," ungkapnya.
 
Rangkaian acara Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Anak Cabang Kecamatan Dukuhwaru diisi dengan Istighotsah dan pembacaan Manakib serta diakhiri dengan ceramah agama oleh Rais Syuriah MWCNU  Dukuhwaru Kiai Misbahudin.
 
Dalam ceramahnya Kiai Misbahudin berharap, dengan dibentuknya Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor akan menambah Ghirah dalam syiar Islam Ahlussunnah waljamaah Annahdliyah di Dukuhwaru.
 
Kiai Misbahudin juga memaparkan sejumlah tradisi amaliyah Nahdlatul Ulama di antaranya tahlilan, membaca surah yasin, talqin mayit, dan sebagainya.
 
Selain PC GP Ansor Kabupaten Tegal, Rais MWCNU Dukuhwaru Kiai Misbahudin, hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Blubuk, alumni PKD Ansor, Pengurus PAC Ansor, Satkoryon Banser Dukuhwaru, dan Pimpinan Ranting GP Ansor se-Kecamatan Dukuhwaru. (Reza/Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG