Seminar IPNU-IPPNU Sekadau: Hakikat NKRI Menerima Perbedaan

Seminar IPNU-IPPNU Sekadau: Hakikat NKRI Menerima Perbedaan
Seminar pelajar yang diselenggarakan PC IPNU-IPPNU Sekadau, Kalimantan Barat.
Seminar pelajar yang diselenggarakan PC IPNU-IPPNU Sekadau, Kalimantan Barat.
Sekadau, NU Online
Negeri ini sarat dengan perbedaan. Dari mulai suku, ras, antargolongan, juga agama. Segala perbedaan tersebut tidak lagi dimaknai sebagai ancaman, malah mempererat kebersamaan. Tugas generasi muda menyadari hal tersebut dan beradaptasi dengan keragaman yang ada.
 
“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, kita bisa lihat di Sekadau saja sudah berbeda suku dan agama. Maka dengan adanya perbedaan itulah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI bisa berdiri kokoh sampai hari ini.” 
 
Penegasan disampaikan Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Chaerudin. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada seminar pelajar yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sekadau. Acara atas kerja sama dengan Forum Peduli Ibu Pertiwi.
 
Dalam pandangannya, seminar yang menghadirkan kalangan pelajar dan pemuda yang di dalamnya ditekankan soal keragaman bangsa sangat penting. “Kegiatan ini sangat positif untuk terus dilakukan di kalangan pelajar,” ungkapnya. 
 
Kegiatan mengangkat tema Memperkokoh Wawasan Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilksanakan pada Sabtu (27/7) di Madrasah Aliyah Negeri Sekadau. 
 
Seminar ini dibuka Asisten 1 Bupati Sekadau Sapto Utomo dan dihadiri undangan di antaranya PCNU, MAN, GP Ansor, Dinas Pendidikan dan Kemenag Sekadau. 
 
Dalam sambutannya, Sapto Utomo menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Sekadau mendukung kegiatan-kegiatan seperti yang dilaksanakan itu dalam rangka menambah wawasan.
 
"Wawasan kebangsaan tidak lepas dari empat pilar yaitu Pancasila, NKRI, Bineka Tunggal Ika  serta Undang-undang Dasar 45," kata Sapto.
 
Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Kesbangpol Sekadau Hermanto, Polres Sekadau yang diwakili oleh Sat Intel Polres Sekadau Albert Yusuf Iskandar, Pimpinan Pusat IPPNU Endah Sugiarti dan Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Sekadau Ustadz Bagus Fitrianto.
 
Kegiatan dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari siswa-siswi MAN Sekadau dan perwakilan Sekolah Menengah Atas lainnya di wilayah setempat. (Maulida/Ibnu Nawawi)
BNI Mobile