IMG-LOGO
Daerah

Bupati Brebes: Ulama Bisa Jadi Sirajul Ummah


Rabu 31 Juli 2019 08:00 WIB
Bagikan:
Bupati Brebes: Ulama Bisa Jadi Sirajul Ummah
Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti
Brebes, NU Online
Bupati Brebes, Jawa Tengah Hj Idza Priyanti mengatakan, Ulama bisa  menjadi sirajul ummah (obor di tengah ummat) sehingga pembangunan Brebes senantiasa sukses dan berkelanjutan. 
 
"Kondusifitas terjaga, karena secara pribadi maupun melalui pesantren  dapat menjadi benteng pertahanan bangsa dalam menangkal segala bentuk tindakan yang dapat membahayakan keutuhan NKRI," ujarnya.
 
Hal itu disampaikan pada pertemuan ‘Ulama dan Umaro Se Kabupaten Brebes di Pendopo Brebes, Selasa (30/7).
 
Dikatakan, dirinya mengaku bangga pendopo Kabupaten Brebes kembali dikunjungi ulama yang membawa kesejukan, kedamaian, dan ketentraman. "Alhamdulillah, hadirnya ulama di pendopo bisa membawa Kabupaten Brebes dalam situasi kondusif.
 
Kepala Divisi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Faisal Qosim menandaskan, dengan berzakat akan melahirkan kesejahteraan dan keadilan. Namun kenyataan di lapangan, umat Islam masih banyak yang enggan berzakat. Zakat menjadi rukun Islam yang tidak populer bahkan cenderung diabaikan kalau tidak digembar-gemborkan secara masif.
 
“Zakat menjadi rukun Islam yang terabaikan akibat kurang sosialisasi, terbukti hanya dibayarkan pada bulan Ramadhan saja,” kata Faisal Qosim saat menjadi pembicara di forum ulama. 
 
Untuk itu, lanjut Faisal, perlu optimalisasi program zakat dalam bentuk pemberdayaan dan pendayagunaan zakat. Juga perlunya menguatkan sinergitas dengan konsep paseduluran yang menjadi tradisi masyarakat Brebes. 
 
"Cara-cara yang mudah dalam pelayanan kepada muzaki dan mustahik akan memperlancar dan menggairahkan dalam proses berzakat," bebernya. 
 
Zakat, kata Faisal, sebenarnya menjadi rahasia solusi dan kesuksesan. Sebagaimana diterangkan dalam QS Athaubah ayat 71 “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
 
Lewat Brebes Paseduluran dalam bentuk berzakat, akan mampu menggapai Kesejahteraan dan keberkahan. 
 
Pertemuan ulama dan umara yang diprakarsai Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Brebes dan Baznas Kabupaten Brebes. 
 
Tampak Hadir Rais Suriyah Pengurus Cabang Nahdlaul Ulama (PCNU) Brebes KH Amin Mashudi, Ketua Baznas Brebes KH Chusnan Zain, Asisten 1 Sekda Brebes Athoillah Syatori, para Kepala OPD Brebes, Kepala Kantor Kemenag Brebes Mahrus, Camat se-Kabupaten Brebes dan para perwakilan ulama dari 17 Kecamatan, serta undangan lainnya. (Bambang Sugiarto/Wasdiun/Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG