IMG-LOGO
Internasional

Kakek Asal Indonesia yang Diundang Raja Salman Berhaji Tiba di Saudi


Rabu 31 Juli 2019 19:15 WIB
Bagikan:
Kakek Asal Indonesia yang Diundang Raja Salman Berhaji Tiba di Saudi
Kakek Uhi tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji atas undangan Raja Salman (SPA)
Makkah, NU Online
Uhi Aidrus Samri atau dikenal Kakek Uhi (94) tiba di Bandara Internasional King Abdulazis untuk melaksanakan ibadah haji pada hari ini, Rabu (31/7). Kakek Uhi bersama dengan lima anggota keluarganya –tiga anak dan dua cucu- termasuk dari Program Hosting Penjaga Dua Masjid Suci untuk menunaikan haji tahun ini. 

Seperti dilaporkan kantor berita Arab Saudi, SPA, Rabu (31/7), setiba di bandara, Kakek Uhi disambut beberapa pejabat. Kepada Raja Salman, Kakek Uhi berterima kasih karena sudah diundang dan diberikan fasilitas selama menunaikan haji tahun ini. 

Kakek Uhi berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dengan penerbangan pukul 20.00 WIB, Selasa (30/7). Ketika sampai di Bandara Soetta, Kakek Uhi disambut Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid al-Thaghafi. Keduanya kemudian saling memberikan hormat dan mencium tangan.
 

Al-Thaghafi mengatakan, Kakek Uhi dan keluarganya bakal mendapatkan fasilitas ekslusif selama menunaikan ibadah haji. Dikatakan al-Thaghafi, mereka akan bertemu dengan Raja Salman ketika menjalankan ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.  
 
Video minta haji viral
 
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis mengundang Kakek Uhi untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. Undangan itu hadir setelah video Kakek Uhi meminta Raja Salman memberangkatkan dirinya dan keluarganya berhaji viral di jagat maya Arab Saudi.

Dalam video itu, Kakek Uhi dan sejumlah keluarganya memperkenalkan diri satu-satu persatu dan menanyakan kabar Raja Salman. Mereka mengaku miskin, tidak punya uang, dan kemudian memohon kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) agar menghajikan dirinya dan keluarganya. Kakek yang berasal dari Desa Batulawang, Jawa Barat ini disebutkan sudah berusia 140 tahun di video itu.

“Saya sangat senang. Saya tidak pernah membayangkan ini akan terjadi,” kata Kakek Uhi, dikutip laman Arab News, Ahad (28/7).

Anak perempuan Kakek Uhi, Nana Rohana, menceritakan, video tersebut dibuat sebelum bulan Ramadhan di rumah keluarga di Cipanas, Jawa Barat. Adalah Ali, seorang wisawatan Arab yang berteman dengan Kakek Uhi dan keluarganya, yang menyarankan mereka untuk membuat video tersebut. Ali Juga lah yang memberikan mereka foto-foto Raja Salman yang ditampilkan dalam video.

“Saya berbincang dengan Ali di rumah. Dia bertanya ‘Apakah kamu ingin pergi haji?’ Saya katakan kepadanya mau namun saya tidak punya uang. Dia (Ali) bercanda mengatakan bahwa dia akan memberi tahu presidennya (Raja Salman). Saya piker dia hanya bercanda saja,” tutur Kakek Uhi.

Nana menambahkan, Ali kemudian mengatakan kepada mereka bahwa dia akan mengunggah video tersebut di media sosial setelah Idul Fitri. Mereka tidah tahu apa yang terjadi pada video itu sampai menerima telepon dari seorang asing yang memberitahu mereka bahwa Kakek Uhi mendapatkan undangan naik haji. 

Semula keluarga Kakek Uhi tidak percaya dengan telepon tersebut. Kalau seandainya benar, mereka juga tidak akan membiarkan Kakek Uhi berangkat sendiri, mengingat usianya yang sudah tua. Mereka akhirnya percaya bahwa undangan itu benar setelah menerima undangan dari Kedubes Saudi. Mereka kemudian diundang untuk bertemu dengan Dubes Saudi untuk Indonesia di Jakarta. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG