IMG-LOGO
Daerah

Madrasah di Nganjuk Ini Pastikan Seluruh Standar Aswaja Terpenuhi


Sabtu 3 Agustus 2019 11:00 WIB
Bagikan:
Madrasah di Nganjuk Ini Pastikan Seluruh Standar Aswaja Terpenuhi
makesta dan Lakmud PK IPNU dan IPPNU di MA Al-Hidayah, Nganjuk.
Nganjuk, NU Online
Lebih dari dua ratus pelajar siap mengikuti pengkaderan formal Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di MA Al Hidayah, Nganjuk, Jawa Timur.
 
Pengkaderan formal tersebut adalah Makesta atau Masa Kesetiaan Anggota dan Lakmud (Latihan Kader Muda) IPNU-IPPNU merupakan agenda rutin dan wajib bagi semua pelajar MA Al-Hidayah setiap tahunnya. Tahun ini pengkaderan pelajar NU diselenggarakan selama tiga hari, mulai Sabtu hingga Senin (3-5/8). 
 
“Penyelenggaraan Makesta dilaksanakan oleh PK IPNU-IPPNU madrasah, sedangkan Lakmud oleh PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Baron.” ungkap Ustadz Irvan selaku pembina PK IPNU Al-Hidayah, Sabtu (3/8).
 
Menurutnya, peserta Makesta dan Lakmud tidak hanya menyasar pelajar di madrasah aliyah saja, namun juga mereka yang ada di Yayasan Al-Hidayah.
 
“Ada juga dari pelajar madrasah tsanawiyah dan santri Pondok Pesantren Al-Hidayah,” imbuhnya.
 
Di sisi lain, komitmen MA Al-Hidayah untuk membekali seluruh warganya dengan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) an-Nahdliyah memang sudah teruji oleh waktu. Program wajib kaderisasi formal IPNU-IPPNU sudah berlangsung lebih dari 16 tahun.
 
“Kami komitmen untuk membekali seluruh warga madrasah dengan ajaran Aswaja NU. Sehingga para siswa wajib ikut pengkaderan IPNU-IPPNU, sehingga ketika mereka lulus dan berhadapan dengan lingkungan yang beragam, tidak mudah kepincut dengan ajaran selain NU, apalagi yang radikal,” tutur Nyai Wahibah.
 
Menurut Kepala MA Al-Hidayah ini, para guru dan karyawan di madrasah tersebut juga dikirim untuk mengikuti pengkaderan NU seperti PKPNU dan jenis pengkaderan lain.
 
“Tahun ini, semua guru, selain guru yang baru, sudah hampir semuanya ikut PKPNU,” jelasnya.
 
Makesta dan Lakmud tahun ini akan dibagi menjadi enam ruang materi dan diisi oleh tiga puluh lebih nara sumber yang kompeten di bidang materi masing-masing. Perlu diketahui juga bahwa PT MA Al Hidayah adalah salah satu Komisariat IPNU-IPPNU paling tua berdiri di Kabupaten Nganjuk.
 
“Di MA Al-Hidayah, parameter lembaga pendidikan NU ada semua, mulai dari pembiasaan amaliyah NU, materi pelajaran Aswaja NU, Komisariat IPNU-IPPNU hingga pengajian kitab-kitab Aswaja NU,” pungkasnya. (Ibnu Nawawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG