IPNU-IPPNU Jelaskan Tantangan Pelajar di Era Revolusi Industri 4.0

IPNU-IPPNU Jelaskan Tantangan Pelajar di Era Revolusi Industri 4.0
Ketua Umum IPPNU, Nurul Hidayatul Ummah (berdiri) pada diskusi di Tangsel, Ahad (4/8).
Ketua Umum IPPNU, Nurul Hidayatul Ummah (berdiri) pada diskusi di Tangsel, Ahad (4/8).
Tangsel, NU Online
Lebih dari setengah penduduk Indonesia telah menggunakan internet. Hal itu menunjukkan sudah ada lebih dari 130 juta warga Indonesia telah terkoneksi dengan dunia maya.

Tentu saja banyak tantangan yang dihadapi di dunia yang serba teknologi ini. Bendahara Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Maulana Nur mengungkapkan bahwa hampir semua hal terdapat dalam genggaman.
 
"Semuanya ada di sini," katanya sembari memegang ponsel pribadinya saat mengisi diskusi publik di Aula Wisma Sahida Inn, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Kertamukti, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Ahad (4/8).
 
Saat ingin bepergian, katanya, tinggal beberapa kali menyentuhkan jemari tangannya ke layar ponsel, jemputan akan datang tanpa harus pergi dulu ke tempat pangkalan. 
 
Hal demikian, menurutnya, yang harus dijawab oleh pelajar saat ini dan ke depan bagaimana agar tidak hanya menjadi pengguna tetapi juga pembuat. 
Sementara itu, Ketua Umum IPPNU Nurul Hidayatul Ummah mengungkapkan bahwa para pelajar harus menguasai gawai untuk menyebarkan konten dan berita positif. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang rentan terpapar berita hoaks.
 
"Kita dapat menguasai medsos. Dari situ sebarkan berita positif. Jangan mudah percaya dengan berita hoaks," tegasnya.
 
Di samping itu, perempuan yang menamatkan studi magisternya di Universitas Leicester itu juga memotivasi para peserta untuk meneruskan pendidikannya setinggi mungkin. "Semangat berpendidikan tinggi," katanya.
 
Menurutnya, untuk dapat berpendidikan tinggi dan prestasi yang 'moncer', perlu kesungguhan dalam belajarnya. Sebagai kader IPPNU yang berproses di Pimpinan Anak Cabang IPPNU Ciputat Timur sampai sekarang menjabat sebagai ketua umum di pusat, ia banhak belajar dari proses yang dilakoninya. 
 
Kegiatan yang digelar oleh Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga ini dihadiri puluhan pelajar dan santri se-Kota Tangerang Selatan.
 
Hadir pula sebagai narasumber Kepala Bidang Organisasi Kepelajaran Kemenpora Jaya Sutrisna dan Staf Ahli Walikota Tangerang Selatan Suharno. (Syakir NF/Kendi Setiawan)
BNI Mobile