IMG-LOGO
Daerah

Ansor Tegal: Administrasi Jantung Organisasi

Senin 5 Agustus 2019 12:30 WIB
Ansor Tegal: Administrasi Jantung Organisasi
Ketua PAC Ansor Dukuhwaru, Nurkhasan (berdiri kanan)
Tegal, NU Online
Administrasi dalam organisasi sejatinya memiliki peranan kunci dalam proses organisasi, bahkan menjadi parameter kemajuan organisasi itu sendiri. 
 
"Organisasi dikatakan maju jika tata kelola administrasinya baik dan teratur," jelas Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Faijin.
 
Hal itu disampaikan saat memberikan materi pada kegiatan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kesekretariatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Dukuhwaru Kabupaten Tegal Jawa Tengah, Ahad (4/8) di SMP Ma'arif NU Dukuhwaru.
Dikatakan, Ansor sebagai organisasi besar yang sudah cukup berumur, memiliki tata kelola yang administrasi yang diatur dalam buku pedoman organisasi.
 
"Administrasi ibarat jantung organisasi, administrasi juga merupakan hal yang vital dalam organisasi, termasuk GP Ansor," ujar Faijin didampingi Wakil Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Tegal Abdul Basir.

Menurut Faijin, jika administrasi bisa berjalan dengan baik, maka sebuah organisasi akan mengalami peningkatan kualitas. "Sebaliknya, jika administrasi mengalami masalah, maka organisasi akan mengalami krisis identitas yang harus segera dibenahi," paparnya.
 
Oleh karena itu, Faijin berpesan kepada peserta diklat, Ansor harus melakukan penguatan di bidang keadministrasian yakni surat menyurat, kearsipan, dan buku-buku tentang keorganisasian.
 
Rais Syuriyah Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Dukuhwaru Kiai Misbahudin berharap, momentum Diklat Kesekretariatan bisa dijadikan sarana pembelajaran bagi kader Ansor sebagai generasi penerus NU masa depan.
 
"Ansor adalah masa depan NU. Calon generasi penerus NU di masa mendatang. Untuk itu, ikuti acara ini dengan baik, manfaatkan sebagai proses pembelajaran berorganisasi," pinta Kiai Misbah.
 
Kiai yang populer sebagai Da'i Kompas TV itu juga menyampaikan syukur atas kebangkitan dan kembali eksisnya Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. 
 
"Dengan bangkitnya Ansor Dukuhwaru yang beberapa tahun silam vakum, semoga bisa Istiqomah," harapnya.
 
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Dukuhwaru, Nurkhasan mengatakan, Diklat Kesekretariatan bertujuan untuk membekali Pengurus GP Ansor tentang tata kelola organisasi, utamanya dalam administrasi persuratan.
 
"Diklat ini penting untuk membekali Pengurus baik Anak Cabang maupun Ranting. Terlebih, GP Ansor Anak Cabang dan Ranting di Kecamatan Dukuhwaru sebagian besar baru terbentuk, setelah vakum beberapa tahun," ungkapnya.
 
Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru Faizal Ali menjelaskan, kegiatan Diklat Kesekretariatan dibarengkan dengan Rapat Kerja Anak Cabang (Rakerancab). 
Kegiatan diikuti Pengurus PAC Ansor, Lembaga PAC, Satkoryon Banser, dan utusan Pimpinan Ranting GP Ansor se Kecamatan Dukuhwaru yang terdiri dari unsur Ketua, Kasatkorkel Banser, Ketua Rijalul Ansor Ranting, Sekretaris, dan Bendahara.
 
"Diklat Kesekretariatan yang dirangkai Rakerancab menjadi sarana konsolidasi organisasi, sekaligus untuk menjabarkan program-program GP Ansor Dukuhwaru dua tahun ke depan," ujarnya. (Reza/Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG