IMG-LOGO
Nasional

Ketum PBNU: Mbah Moen Sosok Ulama Sangat Tawadlu


Rabu 7 Agustus 2019 01:00 WIB
Bagikan:
Ketum PBNU: Mbah Moen Sosok Ulama Sangat Tawadlu
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyatakan bahwa selain dikenal dengan kealimannya, Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair juga disebut Kiai Said sebagai sosok yang sangat tawadlu.

“Segitu alimnya, beliau sangat tawadlu. Pelajaran bagi kita semua. Orang kalau berilmu, kalau gak tawadlu, ya berarti ilmunya masih nanggung,” kata Kiai Said  saat memberikan sambutan pada acara tahlil dan doa bersama untuk KH Maimoen Zubair yang diselenggarakan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

Kiai Said lantas bercerita tentang dirinya ketika diundang untuk mengisi ceramah di Pesantren Al-Anwar Rembang. Menurutnya, seusai mengisi ceramah, Kiai Said diantar langsung oleh Mbah Maimoen sampai ke mobil yang saat itu berada di pinggir jalan.

“Dari sisi usia saja, (usia) beliau 90, saya 66. Tidak pantas lah seorang usia 90 menganter usia 66 nganter ke mobil. Dari sisi usia saja loh. Tapi, ini pelajaran bagi kita semua, itulah min simatil ulama, tawadlu khulukun alim, dan menganggap dirinya biasa-biasa saja,” ucapnya.

Ia mengaku seperti yang lain, yakni merasa kehilangan atas wafatnya Mbah Maimoen. Kiai alumnus Universitas Ummul Qurra Makkah, Arab Saudi ini pun berharap ada seseorang yang dapat menggantikan sosok Mbah Maimoen. 

“Mudah-mudahan Allah memberikan gantinya, memberikan di antara kita yang seperti beliau, mudah-mudahan,” ucapnya.

Menurutnya, setiap ada ulama besar yang meninggal, maka harus ada yang siap untuk menggantikannya, kendati kealiman penggantinya tidak seperti yang digantikan. Ia meminta kepada hadirin untuk meneruskan dan mengamalkan nasihat dan wasiat Mbah Maimoen. 

“Mari kita amalkan, kita turutin, kita lakukan, biqadristitoatina, semaksimal kemampuan kita,” ucapnya.

Hadir pada tahlil dan doa bersama ini, Waketum PBNU H Mochammad Maksum Mahfoedz, Ketua PBNU KH Abdul Manan Ghani, Sekjen PBNU H A Helmy Faishal Zaini Katib Syuriyah PBNU KH Mujib Qulyubi, Habib Ahmad bin Edrus al-Habsy, Cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari Gus Fahmi Amrullah, dan Ketua JQH PBNU H Saefullah Ma’sum. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG