IMG-LOGO
Nasional

KKN Unisda Membawa Pesan Islam Nusantara di Thailand


Rabu 7 Agustus 2019 11:30 WIB
Bagikan:
KKN Unisda Membawa Pesan Islam Nusantara di Thailand
Peserta KKN internasional dari Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Jatim.
Lamongan, NU Online
Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Jawa Timur sejak Rabu (17/7) telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, dari 450 lebih jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, Unisda juga mengirimkan sebagian mahasiswanya untuk melaksanakan KKN internasional di Thailand.
 
“Program KKN internasional merupakan manifestasi dari visi Unisda Lamongan yaitu university with global vision,” kata Rektor Unisda, Ainul Masruroh di sela kegiatan padatnya melaksanakan ibadah haji, Selasa (7/8). 
 
Menurut rektor, KKN di luar negeri menunjukkan bahwa Unisda adalah perguruan tinggi berwawasan global. Hal itu sesuai dengan tema kegiatan yakni Pemberdayaan Masyarakat melalui Implementasi Iptek dan Norma Religi.
 
“Diharapkan para peserta KKN internasional Unisda di Thailand mampu menyampaikan pesan Islam Nusantara di negeri gajah putih tersebut,” kata rektor yang juga akfif di Pimpinan Cabang Fatayat NU Lamongan ini.
 
Sementara itu, ketua panitia Choirul Anam menambahkan bahwa penekanan terhadap peserta KKN internasional untuk membawa pesan Islam Nusantara harus menjadi prioritas program. Hal ini karena Islam Nusantara yang digagas NU merupakan tema besar yang saat ini menjadi perhatian seluruh masyarakat internasional.
 
“Apalagi nilai-nilai Islam Nusantara sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan di kampus Unisda,” katanya.
 
Dijelaskannya, sebelum berangkat ke Thailand untuk melaksanakan KKN internasional, serangkaian seleksi telah dilakukan.
 
“Bahkan para peserta telah dibekali dengan pemahaman tentang nilai-nilai dan prinsip Islam Nusantara yang sangat adaptif dan akomodatif terhadap kearifan lokal,” terangnya. 
 
Menurut Ketua LPPM Unisda itu, salah satu prasyarat utama untuk menjadi peserta KKN internasional, mahasiswa harus aktif mengikuti serangkaian kegiatan wajib berbasis keagamaan di kampus.
 
“Salah satu syarat utama peserta KKN internasional ke Thailand adalah peserta KKN selama ini rutin mengikuti kegiatan manaqib setiap satu bulan sekali, fasih membaca manaqib, istighotsah, serta bacaan tahlil.  Hal ini karena kebutuhan di tempat KKN mewajibkan hal tersebut,” jelasnya.
 
Untuk diketahui, KKN internasional di Thailand dilaksanakan selama satu bulan yang telah dimulai sejak Rabu, 24 Juli 2019 dan berakhir Sabtu (24/8). Selama di sana, peserta tinggal di Ma'had al-Fatah al-Islami No 6 M.6  Mukim Nungam
A. Raman CH. Yala. (Ibnu Nawawi)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG