IMG-LOGO
Internasional

Kereta Cepat Haramain Siap Layani Jamaah Haji Tahun Ini


Sabtu 10 Agustus 2019 13:00 WIB
Bagikan:
Kereta Cepat Haramain Siap Layani Jamaah Haji Tahun Ini
Kereta Cepat Haramain. (CNN)
Makkah, NU Online
Kereta Cepat Haramain (Haramain High Speed Rail) siap digunakan untuk mengangkut jamaah dari Makkah –melalui Jeddah- ke Madinah pada musim haji tahun ini. Dengan menggunakan layanan ini, perjalanan Makkah-Madinah atau sebaliknya yang jaraknya 449 kilometer bisa ditempuh dalam waktu dua jam saja. Padahal sebelumnya, selama musim haji, waktu perjalanan Makkah-Madinah bisa sampai 10 jam.

Kecepatan Kereta Cepat Haramain mencapai 300 kilometer per jam. Kereta ini akan menghubungkan Makkah dan Madinah dengan melewati tiga stasiu, yaitu Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz dan Kota Ekonomi King Abdullah, Rabigh.

Dilaporkan CNN, Jumat (9/8), teknologi yang dikembangkan pada kereta ini didisain untuk menangani suhu hingga 50 derajat Celsius, suhu maksimum Arab Saudi,

Kereta cepat Haramain ini memiliki dua tipe; tipe tunggal dan ini mampu mengangkut 417 orang, sementara tipe bertingkat bisa menampung hingga 834 orang. Kereta cepat ini digerakkan listrik dengan kekuatan 25 ribu volt. Dengan 35 kereta, layanan transportasi ini mampu mengangkut 60 juta penumpang setiap tahunnya.

Dikutip dari laman Saudi Gazette, harga tiket Kereta Haramain akan dibagi menjadi dua kategori;  turis dan kelas bisnis. Harga tiket kategori turis satu arah dari Stasiun Sulaimaniyah di Jeddah ke Makkah adalah SR20 (sekitar 79.200 rupiah). Sementara dari Makkah ke Madinah harganya SR75 (sekitar 296.800 rupiah). Untuk ruter perjalanan dari Jeddah ke Madinah dikenakan biaya SR63 (249.400 rupiah)

Adapun untuk kelas bisnis, harga tiket dari Jeddah ke Makkah adalah SR25 (98.950 rupiah).  Sedangkan dari Makkah ke Madinah harganya SR125 (494.700 rupiah) dan rute perjalanan dari Jeddah ke Madinah dikenakan biaya SR105 (415.600 rupiah).

Kereta Cepat Haramain diharapkan bisa mempermudah mobilitas jamaah haji, yang menurut Otoritas Jenderal Statistik Saudi jumlahnya 2 juta orang lebih per hari ini, Sabtu (10/8). (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG