Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Keluarga Khofifah Serahkan Kurban Sapi ke NU Jatim

Keluarga Khofifah Serahkan Kurban Sapi ke NU Jatim
KH Marzuki Mustamar bersama istri dan PWNU Jatim menerima sapi dari keluarga Khofifah Indar Parawansa.
KH Marzuki Mustamar bersama istri dan PWNU Jatim menerima sapi dari keluarga Khofifah Indar Parawansa.
Surabaya, NU Online
Gubernur Jawa Timur beserta keluarga tahun ini berkurban dan mempercayakan penyembelihan kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim. Dan pada Ahad (11/8) hewan berupa sapi diserahkan untuk kemudian disembelih yang dagingnya dibagikan kepada warga sekitar.
 
Penyerahan hewan kurban tersebut dilaksanakan di Masjid Nasional Al- Akbar Surabaya selepas shalat Idul Adha 1440 H. “Ada dua sapi yang diserahkan. Yang pertama untuk masjid di sini, sapi kedua atas nama keluarga Khofifah untuk PWNU Jatim,” kata H Helmy M Noor.
 
Menurut Sekretaris Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tersebut, hewan kurban yang diamanahkan ke PWNU Jatim diniatkan untuk tujuh keluarganya. Yaitu almagfurlah H Indar Parawansa bin Jalaluddin, Hj Khofifah Indar Parawansa binti Matrai, Fatimahsang binti Indar Parawansa, Jalaluddin Mannagalli bin Indar Parawansa, Yusuf Mannagalli bin Indar Parawansa, Ali Mannagalli bin Indar Parawansa, dan Fadil Wirawan bin Priyanto Hadi Sasono.
 
KH Marzuki Mustamar mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim atas kepercayaan tersebut.
 
Ketua PWNU Jawa Timur yang juga langsung memimpin penyembelihan hewan kurban di kantor setempat berharap agar amal yang dipercayakan dapat diterima.
 
"Semoga kurban keluarga Ibu Khofifah diterima oleh Allah SWT. Semoga keluarga diampuni segala kesalahan dan kekhilafannya dan semoga Jawa Timur aman, damai dan sejahtera," kata Kiai Marzuki Mustamar sebelum menyembelih hewan kurban, Senin (12/8).
 
Seperti disampaikan pihak Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya bahwa semua hewan kurban yang ada di masjid tersebut disembelih Senin (12/8) pagi. Pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban menerapkan prinsip syari, higienis, dan ramah lingkungan.
 
Untuk pembagian, masjid tidak menyediakan kupon dan langsung dibagikan ke rumah warga di wilayah Pagesangan dan Gayungan.
 
"Distribusi daging kurban langsung ke sasaran melibatkan RT-RW di wilayah Kelurahan Pagesangan dan Kelurahan Gayungan. Tidak ada pembagian daging di Masjid Al-Akbar," ujar H Helmy.
 
Dia mengatakan, penyembelihan dilakukan pada hari kedua Idul Adha agar tidak ada penumpukan daging kurban. Sebab, semua masjid rata-rata menyembelih pada Ahad. Terkait pembagian daging ke masyarakat, Masjid Al Akbar Surabaya tidak menggunakan sistem kupon atau datang langsung ke masjid.
 
Daging kurban akan dibagikan langsung ke rumah-rumah warga bekerja sama dengan RT dan RW di lingkungan sekitar masjid tersebut.
 
Hewan kurban keluarga Khofifah Indar Pawansa berjenis sapi simental dengan berat 1,2 ton. (Rof Maulana/Ibnu Nawawi)
 
BNI Mobile