IMG-LOGO
Nasional

Muslimat NU: Ibadah Kurban Napak Tilas Nabi Ibrahim


Selasa 13 Agustus 2019 19:30 WIB
Bagikan:
Muslimat NU: Ibadah Kurban Napak Tilas Nabi Ibrahim
Proses pembagian daging hewan kurban di Kantor PP Muslimat NU Pengadegan, Jakarta Selatan.
Jakarta, NU Online
Setiap tanggal 10 sampai dengan 13 Zulhijah, umat Islam disunahkan untuk menunaikan ibadah kurban, dengan menyembelih hewan ternak, seperti kambing, sapi, kerbau, ataupun unta.

Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) saban tahun melaksanakan kesunahan tersebut dengan menyembelih belasan hewan kurban.

"Setiap tahun kami selalu berkurban. Ini kan napak tilas Nabi Ibrahim kalau ditinjau dari segi agama," ujar Ny Hj Siti Aniroh, Ketua IV PP Muslimat NU Bidang Ekonomi, kepada NU Online, di Kantor PP Muslimat NU, Jalan Raya Pengadegan Timur Raya, Blok Rel Ka Nomor 2, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Selasa (13/8) siang.

Tahun 1440 H ini, PP Muslimat NU menyembelih 12 ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Hal ini, menurutnya, mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain napak tilas Nabi Ibrahim as, kegiatan berkurban juga, menurutnya memberikan pelajaran pentingnya menjaga ketauhidan Allah swt. Pasalnya, saat itu, Nabi yang diberi pangkat sebagai khalilullah diuji oleh Allah swt.  untuk mengurbankan putranya, Nabi Ismail as.

"Nabi Ibrahim diuji oleh Allah menyembelih putranya itu memberikan pelajaran tauhid," katanya.

Sebab, lanjutnya, dalam sebuah ayat Al-Qur'an, Allah menyebut bahwa harta dan anak-anak merupakan hiasan dunia. Artinya, saat itu Nabi Ibrahim diuji apakah cinta terhadap dunia dengan mempertahankan anaknya ataukah mengesakan Allah dengan melaksanakan perintah-Nya.

Aniroh mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut memberikan pandangan bahwa dunia bukanlah segalanya. "Supaya kita ini tidak semata-mata dunia segala-galanya," katanya.

Meskipun demikian, ia juga tidak menutup bahwa dunia bisa menjadi media ibadah. "Dunia ini ibadah. Meskipun perkara dunia, tetapi dijadikan media untuk akhirat," katanya.

Aniroh menjelaskan bahwa tahun ini PP Muslimat NU membagikan 3100 bungkus daging. 750 bungkus dibagikan di sekitar Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PP Muslimat NU di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, dan 2350 lainnya diberika kepada masyarakat sekitar kantor PP Muslimat NU di Pancoran, Jakarta Selatan. (Syakir NF/Fathoni)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG