IMG-LOGO
Daerah

Ansor di Ponorogo Peringati Kemerdekaan dengan Berbagi Daging dan Sembako


Rabu 14 Agustus 2019 01:00 WIB
Bagikan:
Ansor di Ponorogo Peringati Kemerdekaan dengan Berbagi Daging dan Sembako
Pembagian sembako dan daging kurban oleh Ansor dan Banser kepada warga kurang mampu.
Ponorogo, NU Online
Ini kegiatan yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna atau banser Jambon, Ponorogo, Jawa Timur.
 
Mereka menggelar bakti sosial di lingkungan Nggabelan, Desa Jonggol Jambon. 
Kegiatan yang juga untuk menyongsong HUT ke-74 RI ke 74 tersebut melibatkan seluruh badan otonom Nahdlatul Ulama setempat. Aksi yang dilakukan adalah menyembelih kambing dan membagikan paket sembako untuk beberapa kepala keluarga di kawasan setempat.
 
Menurut Amroni, kegiatan sebagai bukti syukur atas kemerdekaan yang telah diraih bangsa. “Kita nharus bersuka cita dengan datangnya bulan dimana telah merdeka dan memasuki 74 tahun,” kata Ketua PAC Ansor Jambon tersebut, Selasa (13/8).
 
Sebagai wujud kegembiraan, maka sudah selayaknya melibatkan warga sekitar. “Di hari kemerdekaan, kita harus juga memberikan rasa merdeka kepada masyarakat,” jelasnya.
 
Sehingga kegiatan bakti sosial yang digelar sebagai perwujudan syukur. “Dengan pembagian hewan kurban dan bakti sosial, kita ingin warga yang kurang mampu bisa turut merasakan kemerdekaan,” kata Zainal Arifin.
 
Kasatkoryon Jambon tersebut mengemukakan bahwa seluruh warga harus merasakan merdeka. “Kita semua harus bersuka cita dengan datangnya bulan di mana kita merdeka 74 tahun yang lalu,” katanya. 
 
Dalam pandangannya, bakti sosial dengan memberikan paket sembako dan hewan kurban kepada masyarakat kurang mampu tersebut sebagai upaya agar warga merasakan kemerdekaan dan Idul Adha.
 
“Agar di bulan Idhul Adha dan juga HUT RI ini semua merasakan nikmatnya merdeka,” terangnya.
 
Dipilihnya kawasan tersebut juga dengan sejumlah pertimbangan. “Karena wilayah ini ada beberapa saudara kita yang menderita keterbelakangan mental,” katanya. Jadi, memberikan rasa bahagia dapat dilakukan dengan mengajak mereka untuk bersuka ria lewat pemberian sembako dan daging kurban, lanjutnya.

Sebelumnya, pada malam menjelang penyerahan hewan kurban dan sembako ke masyarakat, Ansor dan Banser mengadakan majelis dzikir dan shalawat yang dikomandoi Rijalul Ansor. Acara dipusatkan di mushala Al-Barokah yang berada di Dukuh Lor RT 1 dan RW 2 Ngasinan, Desa Jonggol. 
 
Selain acara ini juga dihadiri masyarakat lingkungan masjid dan tokoh masyarakat setempat.
 
Menurut Zainal Arifin, keberadaan kambing kurban berkat kerja sama dengan Polsek Jambon dan juga masyarakat. 
 
“Kami selaku pengurus berterima kasih atas bantuan dari Kepolisian Sektor Jambon yang sudah membantu kambing dan juga para donatur dari warga baik berupa paket sembako ataupun hewan kurban,” tandasnya. (Imam Hasanudin/Ibnu Nawawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG