IMG-LOGO
Daerah

Kenalkan Sejak Dini, SD Al-Islam Surabaya Tiap Tahun Adakan Kurban


Rabu 14 Agustus 2019 09:00 WIB
Bagikan:
Kenalkan Sejak Dini, SD Al-Islam Surabaya Tiap Tahun Adakan Kurban
Ajari anak didik berkurban setiap tahun
Surabaya, NU Online
Sudah selayaknya umat Islam, khususnya Nahdliyin mempersiapkan kader penerusnya, baik itu dalam bidang agama, teknologi, sains, dan sebagainya. Terlebih lagi saat ini adalah saat yang tepat untuk menjalankan salah satu syariat Islam, yakni berkurban.
 
Hal ini seperti apa yang dilakukan oleh SD Al-Islam Mulyorejo Surabaya, Jawa Timur. Sekolah dasar yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) ini memiliki cara untuk mengenalkan anjuran berkurban kepada para siswanya.
 
Kepala sekolah SD Al-Islam, H A Zaini Ilyas mengatakan, kegiatan berkurban merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada Senin (12/8), total ada tiga ekor sapi dan dua ekor kambing yang dipotong.
 
"Penyembelihan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan jumlah hewan yang bervariatif, namun tidak pernah kurang dari tiga ekor sapi. Pada tahun ini ada tambahan seekor kambing dari wali murid," jelasnya kepada NU Online, Selasa (13/8).
 
Dikatakan, pembelian hewan kurban ini berasal dari donasi para siswa dan guru. Pengumpulan donasi ini menggunakan pola ianah syahriah yang dibayarkan tiap bulan.
 
"Pembelian hewan berasal dari donasi para siswa dan guru. Pengumpulan donasi ini menggunakan pola ianah syahriah yang dibayarkan tiap bulan, sehingga dapat terkumpul dana hampir Rp45 juta setiap tahunnya," ungkapnya.
 
Ia melanjutkan, daging hewan kurban dari sekolah ini selalu didistribusikan kepada para murid, selain itu sebagian juga dibagikan kepada warga yang berada di sekitar SD Al-Islam.
 
Pria yang juga menjabat sebagai pengurus LP Ma'arif Kecamatan Mulyorejo Surabaya ini berharap, kegiatan semacam ini bisa memberikan motivasi serta melatih para siswa dan guru agar gemar berkurban sebagai wujud dari pengamalan syariat Nabi Ibrahim AS.
 
"Harapan kami adalah kegiatan semacam ini bisa memberikan motivasi serta melatih para siswa dan guru agar gemar berkurban sebagai wujud dari pengamalan syariat Nabi Ibrahim," tukasnya.
 
"Kami juga berharap selepas kegiatan ini juga bisa mengambil hikmah dan tauladan dari pelaksanaan kurban sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam," tambahnya. (Hanan/Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG