IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

MAN 1 Mataram Tuan Rumah KSM Tingkat Propinsi NTB


Rabu 14 Agustus 2019 08:15 WIB
Bagikan:
MAN 1 Mataram Tuan Rumah KSM Tingkat Propinsi NTB
foto: ilustrasi
Mataram, NU Online
Madrasah Aliyah negeri (MAN) 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditunjuk menjadi tuan rumah pagelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB Rabu-Kamis (14-15/8), di lapangan sangkareang Mataram.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) RI, Prof Mohammad Nur Kholis Setiawan dijadwalkan menghadiri lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat propinsi.
 
"Insyaallah Sekjen Kemenag akan hadir saat pembukaan hari ini," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag NTB, H Zamroni Azis.
 
Dijelaskan, kegiatan KSM ini untuk menguji kemampuan murid pada 11 mata pelajaran. Yakni matematika, fisika, kimia, biologi, dan mata pelajaran lainnya yang dimeriahkan oleh 10 ribu peserta dari Kabupaten/Kota menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.
 
"Nantinya, akan start pukul 13.00 WITA dari Islamic Centre di iringi drum band, menuju lapangan sangkareang," kata Zamroni mantan Ketua GP Ansor NTB ini
 
Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan ajang seleksi KSM tingkat provinsi, terhadap peserta yang dinyatakan lulus akan dikirim mengikuti KSM tingkat nasional yang akan digelar di Manado.
 
"Alhamdulillah kesiapan sudah 95 persen, ini ajang kompetisi ukur kemampuan anak-anak di bidang mata pelajaran masing-masing," katanya
 
KSM tahun ini akan diikuti oleh 333 siswa madrasah dan sekolah umum berdasarkan hasil seleksi di tingkat kabupaten/kota se-NTB. Untuk lokasi acara lomba di tiga titik yakni MAN 1 dan 2 Mataram serta MTsN 1 Mataram.
 
"Peserta pemenang akan diberikan uang pembinaan, dan tropi dan akan dikirim KSM tingkat nasional di Manado," jelasnya.
 
Kepala MAN 1 Mataram H Muh Syukri menyatakan siap menjadi tuan rumah yang baik. Dan untuk memuluskan kegiatan tersebut,  pihaknya telah memberikan arahan dan menginstruksikan beberapa hal teknis kepada para siswa, guru, dan staf Tata Usaha MAN 1 Mataram. 
 
di samping itu, dia juga mengimbau kepada seluruh keluarga besar MAN 1 Mataram untuk menjadi tuan rumah yang baik. "Kita harus menjaga nama baik madrasah, tidak hanya di madrasah, tidak hanya waktu pagi dan siang, tetapi kapanpun dan di manapun harus kita jaga, kita juga harus menjadi tuan rumah yang baik, kita buktikan bahwa MAN 1 Mataram adalah madrasah hebat bermartabat," terangnya. (Hadi/Muiz)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG