Bahagia Itu Ketika Kita Bermanfaat untuk Sesama

Bahagia Itu Ketika Kita Bermanfaat untuk Sesama
foto: Ilustrasi
foto: Ilustrasi
Way Kanan, NU Online
Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi manusia lainnya. Pesan Rasulullah ini harus menjadi pegangan Kader Gerakan Pemuda Ansor untuk terus berkhidmat untuk umat.
 
"Berbuat baik bagi sesama akan mendapat kebahagiaan. Sebaliknya, tidak berbuat baik bagi sesama pasti merasa salah, berdosa," ujar Pelaksana Tugas Kepala Satuan Khusus Wilayah Banser Husada Lampung Gatot Arifianto, di Kasui, Way Kanan, Rabu (14/8).
 
Banser sebagai kader inti Gerakan Pemuda (GP) Ansor, kata dia di sela penyelenggaraan bakti sosial Aji Tapak Sesontengan (ATS), harus semangat, enerjik, dan tak kenal lelah dalam berbuat kebaikan bagi sesama. Fakta penting, bahagia yang membuat manusia selalu sehat.
    
"Berkali-kali kita menggelar bakti sosial penyembuhan alternatif bagi masyarakat, gratis tanpa modus jual obat. Mandiri. karena fakta di lapangan, banyak masyarakat di pelosok membutuhkan pendampingan dan uluran tangan dari berbagai pihak perihal kesehatan berikut pola pikirnya," kata dia lagi.
    
Basada ialah satuan khusus Banser yang mengemban tugas bantuan kemanusiaan di bidang kedokteran, kesehatan, dan norma hidup sehat bagi masyarakat khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama, GP Ansor, dan masyarakat.
    
"Sahabat-sahabat kita di satuan lain seperti Bagana, Balantas, Balakar, Baritim, Banser Protokoler, dan Densus 99 mempunyai tugas sendiri-sendiri. Mereka juga bergerak, turun di lapangan sesuai tugas masing-masing. Dan semuanya bertugas ikhlas penuh pengabdian, melaksanakan perilaku Banser," ujar Instruktur Satkornas Banser itu lagi.
   
Karena itu, lanjut dia, wajib bagi kader inti Pemuda Ansor, untuk selalu lapar dan rakus berbuat kebaikan.
    
"Termasuk dalam share kegiatan NU berikut badan otonomnya di media sosial. Itu penting dan harus. Kenapa banyak orang percaya narasi bohong, Banser suka membubarkan daripada menjaga pengajian? Tanya HP sahabat-sahabat, seberapa sering ia diajak mempublikasikan harakah kita?" paparnya.
    
Bekerjasama dengan Paguron ATS Swarna Raya, Gusdurian Lampung dan PAC GP Ansor Kasui, Way Kanan, Banser Husada Lampung kembali akan menggelar bakti sosial penyembuhan alternatif penyakit medis nonmedis Aji Tapak Sesontengan, Kamis (15/8) di Kampung Tanjung Harapan, Kecamatan Kasui.
    
"Kegiatan akan dimulai pukul 13.00 hingga 15.30 WIB. Ada enam praktisi ATS yang akan berikhtiar membantu masyarakat. Baksos ini gratis. Masyarakat cukup membawa satu botol air putih atau air mineral untuk didoakan sebagai tambahan sarana penyembuhan," ujar Ketua PAC GP Ansor Kasui, Hidayat.
    
Pemerintah Kampung Tanjung Harapan, lanjut dia, menyambut baik kegiatan tersebut sehingga mempersilakan menggunakan Posyandu sebagai tempat pelaksanaan bakti sosial. (Irawanto/Muiz)  
BNI Mobile