IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Kader Ansor Diminta Gencarkan Dakwah di Dunia Nyata dan Maya


Sabtu 17 Agustus 2019 08:30 WIB
Bagikan:
Kader Ansor Diminta Gencarkan Dakwah di Dunia Nyata dan Maya
Kader GP Ansor harus aktif berdakwah di dunia maya dan nyata.
Pekalongan, NU Online
Kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor diminta untuk menggencarkan dakwah Islam rahmatal lil alamin baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Pasalnya tantangan perkembangan zaman meniscayakan hadirnya Islam yang ramah, sejuk dan toleran di tengah kehidupan masyarakat yang plural. 
 
Demikian disampaikan M Azmi Fahmi selaku Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Hal tersebut dikemukakan usai membuka Konferensi Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Kesesi di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama setempat. 
 
Dalam pandangannya, era masyarakat industri 4,0 yang ditandai dengan pemanfaatan bahkan ketergantungan manusia terhadap produk teknologi dan informasi berimbas pada cara beribadah dan belajar agama. 
 
“Sekarang orang lebih senang belajar agama melalui internet, lebih suka belajar secara online dari pada offline," jelas Azmi, Kamis (16/8).
 
Azmi mengingatkan bahwa belajar agama secara online melalui situs internet ataupun media sosial harus diiringi dengan ngaji secara offline. “Yakni kepada guru atau kiai yang otoritatif secara keilmuan dan tersambung sanad keilmuwannya sampai kepada Rasulullah SAW,” ungkapnya. 
 
Untuk itu Azmi menambahkan guna merespons model belajar agama generasi zaman now kader Ansor harus aktif mengunggah konten Islam rahmatal lil alamin baik di situs internet maupun media sosial.
 
Azmi juga berpesan agar mengimplementasikan visi GP Ansor  sebagai acuan bagi pengurus yakni ngaji, ngader dan ngupo jiwo. 
 
Ngaji, menurutnya dapat dilakukan dengan menggalakkan Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor. Sedangkan ngader dapat dilaksanakan dengan menggelar pengkaderan baik formal maupun nonformal dengan lebih sistematis yang terstruktur.
 
“Serta ngupo jiwo dengan pemberdayaan kader sehingga mencapai kemandirian kader dan organisasi,” urainya. 
 
Konferensi Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan sebagai forum tertinggi GP Ansor di tingkat kecamatan secara aklamasi mendapuk M Subhan sebagai ketua terpilih untuk masa khidmah 2019 hingga 2021. (Alim Mustofa/Ibnu Nawawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG