IMG-LOGO
Internasional

Hingga 21 Agustus, ‘Pameran Haji Lintas Zaman’ Digelar di Makkah


Senin 19 Agustus 2019 13:30 WIB
Bagikan:
Hingga 21 Agustus, ‘Pameran Haji Lintas Zaman’ Digelar di Makkah
Sketsa perjalanan jamaah haji zaman dahulu. (SPA)
Makkah, NU Online
Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Sheikh Abdullatif Al-Asheikh telah meresmikan ‘Pameran Haji Lintas Zaman’ pada awal bulan lalu. Pameran bertajuk ‘Labbaik: The Hajj Journey Through the Ages’ itu akan berlangsung hingga Rabu, 21 Agustus 2019 di Kompleks Tilal al-Naseem di Makkah, sekitar 10 kilometer dari Masjidil Haram. 

Dilansir Arab News, Senin (19/8), Pameran Haji Lintas Zaman ini buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 hingga 22.00 waktu setempat. Pameran ini menempati tiga aula yang menampilkan berbagai aspek haji dari masa ke masa.

Di aula pertama, para pengunjung akan disuguhkan tentang keajaiban Makkah, yang fokus pada perhatian umat Islam di seluruh dunia. Di sini juga menampilkan bagaimana Makkah memainkan peran sentral dalam pelaksanaan ibadah haji. Para pengunjung akan belajar tentang Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Siti Hajar, dan keajaiban munculnya Sumur Zamzam. 

Aula ini juga menampilkan sejarah Ka’bah dari zaman Nabi Ibrahim hingga saat ini. Para pengunjung juga bisa belajar mengenai Masjidil Haram dan interior Ka’bah. Mereka juga bisa menonton film tentang sejarah Masjidil Haram, yang dibuat berdasarkan observasi para pelancong, ahli sejarah, dan seniman. Di aula sini pula, pengunjung bisa melihat foto pertama yang diambil dari Masjidil Haram.

Di aula kedua, pengunjung akan disuguhi informasi mengenai bagaimana jamaah dari seluruh penjuru dunia berangkat ke Makkah untuk beribadah haji sejak masa-masa awal Islam. Untuk sampai ke Makkah, mereka ada yang menaiki unta, jalan kaki, menghadapi pencuri, perampok, dan kondisi cuaca yang buruk.

Para pengunjung bisa melihat foto-foto dan sketsa perjalanan jamaah haji lintas zaman, lebih dari tiga abad terakhir. Sertifikat dan dokumen haji juga ditampilkan di aula ini. Di akhir aula ini, jamaah diberikan informasi mengenai transformasi perjalanan di Arab Saudi. Bagaimana Kerajaan membangun transportasi modern dan infrastruktur yang lebih baik untuk memudahkan dan membuat nyaman jamaah haji.

Sementara di aula ketiga, para pengunjung akan diberikan informasi mengenai bagaimana usaha-usaha Kerajaan Arab Saudi melayani jamaah haji. Ada juga seksi kesadaran kesehatan di aula terakhir ini. 

Jadi, para jamaah haji yang masih di Makkah dan memiliki waktu luang bisa mampir ke pameran ini untuk mengetahui lebih detail mengenai haji, Makkah, dan hal-hal yang terkait dengannya. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG