IMG-LOGO
Nasional

LP Ma’arif NU Siapkan Porsemanas II di Pesantren Darul Ma’arif Indramayu


Senin 19 Agustus 2019 21:30 WIB
Bagikan:
LP Ma’arif NU Siapkan Porsemanas II di Pesantren Darul Ma’arif Indramayu
Pengurus LP Ma'arif PBNU meninjau lokasi yang akan ditempati Porsemanas II
Indramayu, NU Online
Pengurus Lembaga Pendidikan Maarif PBNU dan Lembaga Pendidikan Maarif PWNU Jawa Barat akan kembali menggelar Pekan Olah Raga dan Seni Ma’arif NU Nasional (Porsemanas) II yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Indramayu. Panitia Porsemanas II telah terbentuk, dan tahap seleksi tingkat daerah segera dilaksanakan.

Ahad (18/08/19) kemarin, Pengurus LP Ma’arif PBNU menggelar Porsemanas II di Pesantren Darul Ma’arif Indramayu. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua LP Ma’arif PBNU KH Arifin Junaidi, Sekretaris LP Ma’arif NU PBNU H Harianto Oghie, KH Dedi Wahidi Pembina Yayasan Darul Ma’arif NU, Wakil Ketua LP Maarif NU Wilayah Jawa Barat sekaligus Wakil Rektor bidang Kerjasama, Kelembagaan dan Pengembangan Hj Ulfiah, dan para panitia Porsemanas II.

Dalam sambutannya KH Arifin Junaidi menyatakan, Porsemanas II akan digelar pada bulan Juli tahun 2020 di Pesantren Darul Ma’arif Indramayu Jawa Barat. “Kami ingin mengetuk pintu meminta ijin kepada Pimpinan Pesantren bahwa LP Ma’arif NU akan menyelenggarakan Porsemanas II di sini,” ujarnya.

Dikatakannya, penentuan lokasi atau tuan rumah merupakan hasil kesepakatan bersama pengurus Wilayah pada saat Porsemanas I di Malang. 

“Pada rakor pertama kali ini kita akan membahas terkait dengan teknis pelaksanaan, penentuan jumlah mata lomba baik olahraga dan  seni serta mengecek venue yang akan dijadikan lokasi untuk pelaksanaan lomba,” kata Arjuna, panggilan akrab KH Arifin Junaidi.

“Jumlah atlit yang hadir pada saat Porsemanas I sebanyak 4000 yang berasal dari 18 wilayah/propinsi, semoga Porsemanas​​​​​​​ II akan lebih banyak atlit dan wilayah yang akan berpartisipasi demi menggali potensi siswa-siswa maarif di tingkat Nasional,” tambah Arjuna yang juga Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pembina Yayasan Darul Ma’arif NU KH Dedi Wahidi dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terpilihnya Pesantren Darul Ma’arif sebagai tuan rumah. “Insya Allah kami siap mendukung dan mensukseskan Porsemanas II,” tegasnya. 

Yayasan Darul Ma’arif memiliki unit pendidikan dari mulai tingkat RA sampai Sekolah Tinggi. Yayasan pesantren yang berada di atas lahan seluas 32 Ha ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup memadai untuk penyelenggaraan even-even nasional. “Waktu yang masih ada ini akan kami maksimalkan untuk membenahi sarana dan prasarana yang akan digunakan,” jelasnya.  

Terkait dengan pelaksanaan, Dedi menyatakan, pilihan waktu pada bulan Juli sangat pas karena berbarengan dengan liburan santri sehingga fasilitas penginapan bisa digunakan untuk para atlit yang akan berlaga. “Selain venue perlombaan juga tersedia area lapangan yang bisa dimanfaatkan untuk bazar atau exhibition guna menambah memeriahkan even ini,” tambahnya.

“Kami berharap seluruh pengurus Wilayah LP Maarif NU segera menyelenggarakan seleksi tingkat cabang maupun wilayah, sehingga pada saat pelaksanaan Porsemanas II peserta yang dikirim adalah perwakilan yang telah melalui seleksi ditingkat propinsi masing-masing,” jelas Sekjen LP Maarif NU yang biasa disapa Kanda Oghie. 

Menurut Ketua Panitia Porsemanas II Alip Nurwanto, kegiatan peluncuran Porsemanas II akan diadakan pada bulan Oktober 2019, sementara pelaksanaan Porsemanas II diselenggarakan pada 29 Juni-03 Juli 2020. (Red: Anam)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG