IMG-LOGO
Daerah

Posisi Ansor Sangat Strategis sebagai Penerus Perjuangan Ulama


Sabtu 24 Agustus 2019 18:30 WIB
Bagikan:
Posisi Ansor Sangat Strategis sebagai Penerus Perjuangan Ulama
Ketua Ansor menyambut Wali Kota Pematangsiantar  pada pembukaan DTD Ansor.
Pematangsiantar, NU Online
Wali Kota Pematangsiantar Sumatra Utara, H Herfriansyah membuka secara resmi kegiatan Diklat Terpadu Dasar (DTD). Kegiatan diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kota Pematangsiantar pada Jumat (23/3) di Kompleks UPT Dinas Sosial Pemprovsu Jalan Sisingamangaraja No 68 Pematangsiantar. 
 
Dalam arahannya H Herfriansyah berharap GP Ansor untuk terus berperan aktif dalam membina generasi muda.  
 
“Atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat atas pelaksanaan Diklat Terpadu Dasar PC GP Ansor Kota Pematangsiantar,” katanya.
 
Sedangkan Arjuna menyampaikan bahwa Diklat Terpadu Dasar merupakan kaderisasi adalah proses pembentukan kader yang dilakukan secara terarah, terencana, sistemik, terukur, terpadu, berjenjang dan berkelanjutan. Kegiatan dilakukan dengan tahapan dan metode tertentu, dalam rangka menciptakan kader yang sesuai dengan nilai, prinsip dan cita-cita organisasi. 
 
“Kegiatan DTD ini juga dalam rangka memperingati HUT 74 RI dan menyambut Tahun Baru Islam 1440 H,” katanya.
 
Sejalan dengan tema HUT 74 RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, DTD untuk meningkatkan pengetahuan, mengembangkan potensi dan kecakapan, serta membangun kapasitas gerakan pada diri kader dan untuk membentuk kader yang memiliki kecakapan mengelola organisasi dan  profesional,” ucap Arjuna.
 
Turut memberikan kata sambutan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pematangsiantar, KH Maranaik Hasibuan.
 
“Melalui DTD diharapkan dapat membentuk kader yang militan secara ideologis, berkarakter, berdedikasi dan berintegritas tinggi. Membentuk kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan demi meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para ulama NU,” katanya.
 
Sedangkan Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Sumatera Utara, Labuhan Hasibuan menjelaskan pengertian dan tujuan kaderisasi Diklat Terpadu Dasar GP Ansor. Dirinya  berharap kegiatan kaderisasi dapat dilaksanakan secara rutin.
 
Pada acara pembukaan Diklat Terpadu Dasar PC GP Ansor Pematangsiantar, juga diberikan ceramah kebangsaan yang disampaikan AKBP M Liberty Panjaitan selaku Kapolres Simalungun dan ceramah keagamaan oleh KH Hasan Basri Siregar, MA (Katib PCNU Pematangsiantar).
 
Acara pembukaan DTD PC GP Ansor Pematangsiantar berlangsung khidmat, dihadiri Ketua Muslimat NU Pematangsiantar, Masdawiah Nasution, Ketua KNPI Pematangsiantar yakni Ilal Mahdi Nasution. 
 
Tampak hadir pula perwakilan dari Fatayat NU, PMII, LSM Lira, Pemuda Muhammadiyah, dan undangan lain.
 
Acara diakhiri dengan penyerahan peserta DTD dari Ketua PC GP Ansor Kota Pematangsiantar kepada Koordinator Instruktur dari Satkorwil Banser Provinsi Sumatera Utara, Komandan Muhammad Muarif Siddik Manurung.
 
Menurut Ridwan Akbar Pulungan selaku ketua panitia pelaksana DTD bahwa kegiatan berlangsung tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (23-25/8). Diagendakan pada Jumat (25/8) dilaksanakan pembaiatan bagi peserta yang dinyatakan lulus.
 
 
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG