IMG-LOGO
Daerah

Pesantren Lahirkan Ahli Agama dan Wirausahawan Tangguh


Ahad 25 Agustus 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Pesantren Lahirkan Ahli Agama dan Wirausahawan Tangguh
Seminar kewirausahaan di Pondok Pesantren Agro Bisnis Al-Ittifaq Bandung. (Foto: Akhmad Syarief Kurniawan/NU Online)
 Bandung, NU Online
Ratusan mahasiswa Institut Agama Islam  Ma'arif  Nahdlatul Ulama (IAIMNU) Kota Metro Propinsi Lampung bekerja sama dengan Pondok Pesantren Agro Bisnis Al-Ittifaq Bandung menggelar seminar kewirausahaan.
 
Tema kali ini adalah Peningkatan Penanaman Aswaja dalam Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan Berbasis Pesantren dan dipusatkan di aula pesantren setempat.
 
Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Islam IAIMNU Kota Metro, Lampung, Wiwik Damayanti kepada NU Online mengatakan, agenda akdemik  ini dilakukan untuk membekali  serta menumbuhkan jiwa wirausaha pada mahasiswa.
 
"Yang tidak kalah penting memasuki era digital 4.0 ini dibutuhkan lulusan IAIMNU Kota Metro yang lebih kreatif, inovatif, tepat, dan berdaya saing," kata perempuan yang juga aktif di Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Lampung Timur ini, Ahad (25/8).
 
Sedangkan Pengasuh Pesantren Al-Ittifaq Bandung, KH Fuad Afandi menyampaikan bahwa pesantren tidak hanya bisa melahirkan kiai yang ahli agama.
 
“Pesantren juga mampu memunculkan para pengusaha yang luar biasa dan pastinya juga memiliki bekal agama yang baik,” jelasnya.
 
Dalam pandangannya, berwirausaha butuh keuletan, pantang menyerah dan cerdas melihat setiap kesempatan yang ada.
 
“Dengan demikian memiliki kesadaran yang tinggi terhadap diri dan situasi," ungkapnya.
 
Dekan Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam, Iwanudin memberikan testimoni bahwa KH Fuad Afandi sebagai pendiri Pesantren Al-Ittifaq  Cimidei Bandung adalah sosok sederhana dan jauh dari kemewahan.
 
“Meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan formal tapi ternyata di balik itu semua KH Fuad Afandi adalah sosok yang begitu luar biasa,” katanya. Hal itu dibuktikan dengan segudang prestasi sejak Presiden Soeharto hingga Presiden Jokowi, lanjutnya.
 
Seminar kewirausahaan yang diikuti mahasiswa IAIMNU Kota Metro Lampung, juga hadiri beberapa pengurus Pesantren Al-Ittifaq  Cimidei Bandung, Dekan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Islam, Ketua Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dan beberapa dosen IAIM NU Kota Metro.
 
Setelah seminar, mahasiswa IAIMNU Kota Metro, Lampung berkesempatan berkeliling dan melihat langsung aktifitas agro bisnis yang dijalankan oleh pesantren ini.
 
Sebelum berkunjung ke pesantren ini, rombongan civitas akademika IAIMNU Kota Metro Lampung menyempatkan hadir ke kantor PBNU di Jakarta. 
 
 
Pewarta: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG