IMG-LOGO
Daerah

Sarjana Unipdu Jombang Miliki Tiga Keunggulan Utama


Ahad 25 Agustus 2019 18:00 WIB
Bagikan:
Sarjana Unipdu Jombang Miliki Tiga Keunggulan Utama
Pimpinan Unipdu Jombang (foto: Ibnu Nawawi/NU Online)
Jombang, NU Online
Ikhtiar memperbaiki mutu para sarjana terus dilakukan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Tekad itulah yang mengemuka dari para pimpinan kampus yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum ini kepada 484 peserta yang mengikuti prosesi wisuda.
 
Menurut Ketua Yayasan Unipdu Jombang, KH Zaimuddin Wijaya As’ad, setidaknya ada tiga keunggulan utama yang menjadi nilai lebih para wisudawan. “Kompetensi unggulan tersebut adalah pertama dalam bidang penguasaan teknologi melalui sertifikasi komputer,” katanya Ahad (25/8).
 
Dalam pandangannya, pihak kampus mewajibkan calon alumninya menguasai sejumlah aplikasi terkini di bidang teknologi informasi.
 
Sedangkan kelebihan kedua ada pada bidang bahasa. “Hal itu dibuktikan melalui sertifikasi dan ujian Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) atau ITP yakni Institutional Testing Program bagi seluruh mahasiswa,” jelasnya.
 
Untuk keunggulan ketiga yakni bidang keagamaan dan sertifikasi Al-Qur’an. “Ini menekankan kepada hafalan surat-surat khas dan doa keseharian serta amalan-amalan versi an-Nahdliyah,” ungkap Gus Zuem, sapaan akrabnya.
 
Dalam pandangannya, universitas yang didirikan oleh almaghfurlah KH Muhammad As’ad Umar pada 2001 tersebut, hingga kini mendapat banyak kekercayaan dari lembaga pemerintah dan swasta.
 
“Di antaranya adalah mengelola Aparma atau apartmen mahasiswa dari Kementrian Perumahan Rakyat,” katanya di hadapan hadirin.
 
Demikian pula keberadaan BLK atau Balai Latihan Kerja dari Kementrian Tenaga Kerja, program LPD yakni Lembaga Penyelenggara Diklat untuk 700 kepala sekolah se-Kabupaten Jombang dari Kementerian Pendidikan RI, serta program kelas internasional dari Yayasan Sekolah Unggulan Indonesia.
 
“Kepercaan dari pemerinah dan swasta ini merupakan berkah silaturahim yang menjadi amanah pendiri Unipdu kepada kami baik di tingkat yayasan, rektorat maupun para loyalis,” terangnya.
 
Rektor Unipdu, Ahmad Zahro menyambut gembira dengan raihan kepercayaan dan prestasi yang diraih dan merupakan tahun prestasi sebagaimana telah dicanangkan beberapa waktu lalu. 
 
“Oleh karena itu atas nama rektor, kami ucapkan selamat kepada para wisudawan. Di pundak anda ada tanggung jawab yang harus senantiasa dijaga, karena saat ini saudara ke manapun dan di manapun membawa nama Unipdu, universitas, dan juga pesantren,” ungkapnya.
 
Unipdu hari ini menggelar rapat terbuka dan pengambilan sumpah sekaligus mewisuda 484 mahasiswa dari dari 530 mahasiswanya. Mereka adalah alumnus program diploma, sarjana, dan pascasarjana. 

Kegiatan dipusatkan di halaman kampus setempat dan dihadiri para pimpinan perguruan tinggi, pengurus pesantren, dan wali wisudawan dari berbagai fakultas dan jurusan.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi 
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG