IMG-LOGO
Daerah

Sejumlah Kader Muda NU di Sidoarjo Mendapatkan Pelatihan Jurnalistik


Ahad 25 Agustus 2019 21:00 WIB
Bagikan:
Sejumlah Kader Muda NU di Sidoarjo Mendapatkan Pelatihan Jurnalistik
Fazil Qawi Kakar (tengah) beserta PCNU Sidoarjo dan peserta pelatihan jurnalistik. (Foto: Mila/NU Online)
Sidoarjo, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sidoarjo, Jawa Timur bekerja sama dengan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) setempat mengadakan pendidikan dan latihan (Diklat) jurnalistik tingkat dasar. 
 
Acara digelar dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis bagi kader Nahdliyin. Kegiatan berlangsung Ahad (25/8) sejak pagi hingga petang yang dipusatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo. 
 
“Ini adalah ikhtiar LAZISNU Sidoarjo memberikan keterampilan menulis agar kegiatan kita banyak diliput media melalui tulisan,” kata M Iksan saat sambutan.
 
Pelatihan yang diikuti puluhan peserta dari perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Sidoarjo tersebut dikemas dalam bentuk workshop.
 
Selama kegiatan berlangsung menmghadirkan narasumber antara lain Yupiter Sulifan.Wartawan senior yang juga pengurus PC LTNNU Sidoarjo ini memberikan materi dasar-dasar jurnalistik, teknik pembuatan berita dan feature serta teknik wawancara.
 
Tidak hanya belajar tentang teori jurnalistik,  peserta juga diminta praktik membuat berita dan feature sebagai penugasan. Hasil karya tersebut kemudian dibahas bersama dalam diskusi sebagai bentuk penajaman materi. 
 
Hadir pula pada pelatihan tersebut M Zaenal Abidin selaku pengurus dari PCNU Sidoarjo yang juga memotivasi agar kader NU memiliki kapasitas menulis sebagaimana para muallif  yang berniat ikhlas berbagi ilmu dan pengalaman lewat buku yang mereka tulis.
 
Ada hal menarik dalam rangkaian kegiatan ini,  yakni hadirnya mahasiswa asal Afganistan,  Fazil Qawi Kakar. Yang bersangkutan adalah putra Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama Afganistan yang mendapatkan beasiswa dari PC LAZIZNU Sidoarjo. 
 
Kepada peserta diklat, Fazil menceritakan bahwa saat ini telah dibangun rumah sakit dan madrasah di Afganistan atas bantuan dari Nahdlatul Ulama.  
 
"Terima kasih kepada Nahdlatul Ulama yang telah membawa nilai-nilai NU Indonesia dalam menciptakan perdamaian di Afganistan," ujarnya yang disambut dengan tepuk tangan peserta pelatihan.  
 
Di akhir kegiatan sebagai penutup, Wakil Rais PCNU Sidoarjo, M Arisy Karomi memberikan penguatan. Ia juga berharap agar pelatihan akan menambah semangat peserta untuk terus berharakah dan berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama.  
 
 
Pewarta: Mila
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG