Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Seratus Banser Kabupaten Sukabumi Ikuti Susbalan Pertama

Seratus Banser Kabupaten Sukabumi Ikuti Susbalan Pertama
Susbalan GP Ansor Kabupaten Sukabumi
Susbalan GP Ansor Kabupaten Sukabumi
Seratus Banser Kabupaten Sukabumi Ikuti Susbalan Pertama 
Sukabumi, NU online 
Ratusan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Sukabumi mengikuti Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) untuk pertama kalinya. Kegiatan yang dibuka Rais Syuriah PCNU Kabupaten Sukabumi KH Mahmud Mudrikah Hanafi tersebut berlangsung di halaman kantor PCNU Kabupaten Sukabumi, mulai Kamis hingga Ahad 22-25 Agustus.

Menurut Kasatkorcab Kabupaten Sukabumi Abdul Latif kegiatan tersebut dilaksanakan untuk semakin memperkuat organisasi. 

“Susbalan ini dilaksanakan dikarenakan banyak sekali orang bahkan organisasi yang menginginkan Ansor dan Banser bubar, maka untuk itu PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi melaksanakan Susbalan ini,” katanya.  

Sementara Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi para peserta Susbalan digojlok latihan fisik. Tak hanya itu, mereka juga diberi pembekalan dengan diberi pengetahuan khusus baik materi wawasan kebangsaan dan materi penguatan ideologi.

“Peserta mendapatkan materi ketahanan fisik di berbagai medan yang sangat sulit maupun di lapangan supaya bisa bertahan dalam kondisi apa pun. Isi kepalanya kita juga bekali dengan materi Aswaja, kebangsaan dan ideologi,” katanya selepas kegiatan tersebut.  

Menurut Nurodin, setelah menjalani kegiatan tersebut, tidak seluruh peserta dinyatakan lulus. Hal ini demi mendapatkan kader yang berkualitas. 

“Dari jumlah peserta 100 orang yang mengikuti Susbalan ini jumlah peserta yang lulus sampai akhir kegiatan berjumlah 88 orang dan merekalah yang terpilih,” katanya. 

Ia berharap, peserta Susbalan mampu menjadi anggota yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap organisasi dan bermanfaat bagi agama, negara, dan masyarakat, dan khususnya keluarganya sendiri. 

Sebelumnya, pada pembukaan, Kiai Mudrikah berpesan kepada peserta Susbalan agar menjadi Banser itu tidak hanya membela agama, tetapi juga harus bisa mengurus dunia supaya menjadi fid dunya hasanah dan fil akhirati hasanah.

Ia menambahkan Banser harus memberikan contoh tauladan yang baik di lingkungan masing-masing. 

“Sekecil apa pun kebaikan yang dilakukan kita, insyaallah Allah akan membalasnya, dan kita niatkan di Banser itu ibadah mencari rido Allah. Dan yang terakhir, saya akan selalu mendoakan kalian,” katanya. 

Kegiatan tersebut menghadirkan nasrasumber dari tingkat wilayah dan pusat, yaitu H. Ibad dan Mahmud dari PW GP Ansor Jabar dan Kepala Kaslendiklat Heri Budi dan Muamarullah Umam dari PP GP Ansor. 

Kontributor: Sofyan Syarif
Editor: Abdullah Alawi

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya