IMG-LOGO
Internasional

Saudi Umumkan Peserta Lomba Baca Al-Qur’an dan Adzan Lulus Tahap Kedua


Rabu 28 Agustus 2019 10:30 WIB
Bagikan:
Saudi Umumkan Peserta Lomba Baca Al-Qur’an dan Adzan Lulus Tahap Kedua
Ilustrasi Arab Saudi (ist)
Riyadh, NU Online
Otoritas Arab Saudi melalui Kingdom’s General Entertainment Authority (GEA) mengumumkan, ada lebih dari 42 ribu orang yang dinyatakan lulus tahap kedua dalam Lomba Membaca Al-Qur’an dan Adzan. 

Tahap kedua diikuti oleh puluhan ribu peserta dari 162 negara. Dilaporkan Arab News, Ahad (25/8), ada 24.766 peserta yang terdaftar dalam Lomba Membaca Al-Qur’an dan 17.347 peserta untuk Lomba Adzan.

Untuk Lomba Membaca Al-Qur’an, peserta dari Arab Saudi merupakan yang terbanyak dengan 9.082 pendaftar. Mesir di urutan kedua dengan 5.184 orang, kemudian diikuti Pakistan dengan 1.822 orang, Indonesia 1.801 orang, India 1.225 orang. Sisanya merupakan peserta dari 157 negara.

Hal yang sama juga terjadi dalam Lomba Adzan. Dimana lima negara tersebut mendominasi jumlah peserta: Arab Saudi (7.167 pendaftar), Mesir (2.872 pendaftar), Pakistan (2.193 pendaftar), Indonesia (1.064 pendaftar), dan India (956 pendaftar). Dan sisanya adalah peserta dari 157 negara.

Sebagaimana diketahui, Tahap pertama pendaftaran yang sudah selesai pada 18 Agustus lalu. Tahap kedua, penyaringan dan nominasi. Tahap ketiga, penilaian dan penampilan langsung. Tahap terakhir, pengumuman pemenang.

Kompetisi ini dianggap sebagai Lomba Membaca Al-Qur’an dan Adzan terbesar yang pernah ada, mengingat jumlah pendaftar dan hadiah yang dialokasikan panitia. Dilaporkan, total hadiah lomba ini adalah 3,2 juta dolar AS atau setara 45,6 miliar rupiah. Dimana pemenang Lomba Baca Al-Qur’an akan menerima uang sebesar 1,3 juta dolar AS (18,5 miliar rupiah), sementara juara Lomba Adzan akan mendapatkan 530.000 dolar AS (7,5 miliar rupiah).

Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baru bagi dunia dalam menyoroti keragaman budaya dunia Islam. Hal itu tercermin dalam metode pembacaan Al-Qur’an dan lantunan azan. Lomba ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan citra Islam dan Muslim secara internasional.

Di samping itu, Arab Saudi hendak mendorong generasi muda Islam untuk giat membaca Al-Qur’an dan mengajak mereka untuk ikut kompetisi ini. 

Pewarta: Muchlishon
Editor: Fathoni Ahmad
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG