Mukernas Sako Ma'arif, Komitmen NU terhadap Pramuka

Mukernas Sako Ma'arif, Komitmen NU terhadap Pramuka
Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Muda Supriyadi (Foto: Husni Sahal/NU Online)
Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Muda Supriyadi (Foto: Husni Sahal/NU Online)
Jakarta, NU Online
Peran Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama dalam dunia pendidikan, terutama dalam hal Pramuka sudah diakui Kwarnas Gerakan Pramuka. Sebab menurut Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Muda Supriyadi, selama ini Ma'arif NU mampu mengadakan berbagai kegiatan yang bersifat nasional.

"Tentunya ini adalah satu wujud Sako Ma'arif NU (dalam) berkomitmen, konsekuen, dan konsisten terhadap organisasi Pramuka," kata Supriyadi kepada NU Online seusai mengisi pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU 2019 yang diselenggarakan di Rivoli Hotel Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (30/8). 

Menurut Supriyadi, langkah selanjutnya yang harus dilakulan antara Sako Pramuka Ma'arif NU dan Kwartir Nasional adalah perlunya saling mendukung. Pihaknya perlu memberikan perhatian lebih kepada Sako Pramuka Ma'arif NU.

"Hanya tinggal bagaimana saling berkontribusi. Tentunya Kwartir Nasional juga harus berkontribusi lebih kepada maarif perhatiannya, dan Ma'arif juga demikian, tidak perlu ragu lagi (untuk selalu) berkegiatan secara nasional. Bumingkan (acaranya) secara nasional," terangnya.

Ia berharap, Sako Pramuka Ma'arif NU yang berada di bawah Satuan Karya (Saka), Satuan Komunitas (Sako), dan gugus darma Pramuka terus meningkatkan kualitasnya dalam menerapkan kaidah-kaidah nasional dan internasional Pramuka, serta perencanaan organisasi ke depan agar lebih baik.

"Tentunya ke depan lebih baik dengan berbasis kepada lima kecerdasan:  spiritual, emosional, intelektual, sosial, dan fisik," ucapnya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni 30 Agustus hingga 1 September ini mengusung tema 'Pramuka Moderat Menuju Generasi Emas 2026'. 

Menurut Supriyadi, moderatisme yang dibangun LP Ma'arif NU khususnya, dan NU secara lebih luas tidak perlu diragukan. Keberadaannya dalam membangun bangsa melalui sikap moderat telah diketahui masyarakat.

"Ma'arif kan berinduk kepada NU yang lebih besar, lebih lama, lebih tua dari bangsa ini, jadi sudah tidak kami ragukan," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj membuka Mukernas Sako Pramuka LP Ma'arif NU. Ia ditemani Ketua Panitia Sako Pramuka Ma'arif Nasional Muchsin Ibnu Djuhan dan Ketua PP Ma'arif NU KH Zainal Arifin Junaidi.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Kerja Nasional Sako Pramuka Ma'arif Nahdlatul Ulama saya buka," kata Kiai Said.

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Abdullah Alawi
BNI Mobile