Mahasiswa Baru FUAD IAIN Pontianak Diingatkan Akhlakul Karimah

Mahasiswa Baru FUAD IAIN Pontianak Diingatkan Akhlakul Karimah
Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) FUAD IAIN Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Maulidia/NU Online)
Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) FUAD IAIN Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: Maulidia/NU Online)
Pontianak, NU Online
Para mahasiswa baru hendaknya dapat segera menyesuaikan diri dengan suasana kampus. Adaptasi menjadi penting agar proses belajar mengajar dan penempaan diri dapat berjalan optimal. Di samping itu juga mereka dapat melandasi selama kuliah dengan perilaku mulia.
 
“Akhlakul karimah sangatlah penting untuk dikenalkan kepada mahasiswa baru sebagai bagian ikhtiar untuk membangun karakter generasi milenial bangsa Indonesia,” kata Ismail Ruslan, Sabtu (31/8).
 
Penegasan disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Kalimantan Barat ini usai pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK).
 
Ismail Ruslan mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang telah mempercayakan FUAD sebagai pilihan menempa diri. “Selamat datang dan mari sama-sama  memajukan FUAD IAIN Pontianak,” ajaknya. 
 
Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan demi mewujudkan kampus harapan. Pada ujungnya hal tersebut tentu juga akan bermanfaat bagi bangsa dan negara, serta agama. Dan akhlak atau perilaku yang baik tentu saja sangat dibutuhkan bagi negeri ini.
 
Dirinya juga mengemukakan akan terus memberikan pelayanan terbaik agar harapan yang diinginkan kampus dapat tercapai. Karena tanpa hal tersebut, apa yang diangan akan sulit terwujud dengan baik. Dan yang lebih diutamakan adalah memberikan nilai mulia saat perkuliahan.
 
"Layanan akademik dan lingkungan di sini akan dikondisikan dengan nilai-nilai mulia,” ungkapnya. 
 
Penegasan yang sama disampiakan Wakil Dekan Bidang Akademik FUAD IAIN Pontianak H Harjani Hefni. Dirinya bahkan menyampaikan agar para mahasiswa baru termasuk pimpinan untuk meneladani akhlak baginda Nabi Muhammad SAW.
 
"Kita mesti menteladani akhlak mulia baginda Nabi Muhammad SAW yaitu sidiq, amanah, tabligh, fatanah,” jelasnya.
 
Dengan perangai itulah sehingga dakwah Nabi Muhammad bisa diterima dengan baik lantaran integritas pribadinya tidak diragukan.
 
Saat PBAK, sejumlah dosen dan pimpinan turut hadir dan memberikan materi sebagai pembekalan kepada mahasiswa baru. 
 
Mereka antara lain Sahri sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, Kepala Bagian Tata Usaha, Muhammad Syahrun, serta staf yang lain.

 
Pewarta: Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile