IMG-LOGO
Internasional

Manfaatkan Waktu di Madinah, Jamaah Haji Indonesia Gelar City Tour


Sabtu 31 Agustus 2019 18:15 WIB
Bagikan:
Manfaatkan Waktu di Madinah, Jamaah Haji Indonesia Gelar City Tour
Masjid Quba Madinah (foto: moeslimchoice.com)
Madinah, NU Online
Menyegarkan suasana sekaligus menambah ibadah dan pengalaman selama di Madinah, Jamaah haji berkesempatan melaksanakan kegiatan berkeliling kota yang menjadi tempat hijrahnya Nabi Muhammad SAW tersebut.
 
Kegiatan yang difasilitasi oleh pemerintah Indonesia bekerjasama dengan maktab ini menuju beberapa titik kunjungan di antaranya Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud, dan Kebun Kurma.
 
Jurnalis NU Online, Muhammad Faizin, berkesempatan ikut dalam kegiatan yang dinamakan city tour tersebut bersama rombongan jamaah haji kloter JKG 51, Sabtu (31/8).
 
 Berdasarkan pantauan, para jamaah sangat menikmati kunjungan tersebut. 
Seperti kunjungan ke Masjid Quba yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Masjid Nabawi. Sesampainya di masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad ini, para jamaah langsung memasuki masjid dan melaksanakan shalat tahiyatul masjid serta shalat sunnah lainnya.
 
"Semoga kita mendapat keberkahan dengan mengunjungi masjid yang dibangun Rasul ini," harap Ahmad, jemaah yang ikut serta dalam rombongan tersebut.

Selain melaksanakan ibadah, sebagian jamaah juga mengabadikan momen berada di tempat bersejarah tersebut dengan berfoto dan membeli berbagai jenis cinderamata dan oleh-oleh khas Arab.
 
Sementara pada kunjungan ke kebun kurma, para jamaah berkesempatan melihat secara langsung proses penanaman dan pemanenan buah kurma. Jamaah juga berkesempatan memetik dan menikmati sendiri kurma langsung dari pohon.
 
"Ini baru pertama kali saya melihat dan memetik langsung buah kurma dari pohonnya. Kalau di Indonesia bisa tumbuh tapi saya belum pernah lihat yang berbuah," kata Warsito, salah satu jamaah kloter tersebut.
 
Jamaah juga berkesempatan melihat berbagai jenis kurma yang semua sudah disediakan oleh pemilik kebuh untuk dibeli dan menjadi oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Di antara jenis kurma yang disediakan seperti Kurma Azwa, Sukari, khidri, safawi, dan lain-lain.
 
Fasilitas city tour ini merupakan bentuk pelayanan kepada jamaah di samping akomodasi dan hotel yang representatif. Untuk di Madinah, jarak hotel dengan masjid relatif lebih dekat dibanding saat berada di Makkah.
 
Di Madinah, jarak hotel dan Masjid Nabawi bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jamaah selalu terlihat berbondong-bondong menuju dan memenuhi Masjid Nabawi untuk melakukan sunnah Arbain (shalat jamaah 40 waktu secara berturut-turut di Masjid Nabawi). 
 
Mereka juga tidak ketinggalan melakukan ziarah ke makam Rasulullah dan masuk ke area Raudhah. Jamaah haji berada di Kota madinah antara 8 sampai 10 hari. 
 
Bagi jamaah haji Indonesia gelombang pertama akan langsung menuju Madinah dulu sebelum ke Makkah. Bagi jamaah gelombang kedua, Kota Madinah menjadi tempat kunjungan kedua setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji di Kota Makkah. 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG