IMG-LOGO
Daerah

Puluhan Mahasiswa Unwaha Peroleh Beasiswa Kuliah di Thailand 


Sabtu 31 Agustus 2019 23:15 WIB
Bagikan:
Puluhan Mahasiswa Unwaha Peroleh Beasiswa Kuliah di Thailand 
Puluhan Mahasiswa Unwaha Peroleh Beasiswa Kuliah di Thailand
Jombang NU Online
Puluhan kader Nahdlatul Ulama yang menimba ilmu di Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dilepas Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab untuk melakukan kuliah Sit In (kuliah tamu) di Rajamanggala Universitas Of Technology Krungthep Thailand selama sebulan.
 
Rektor Unwaha Anton Muhibbudin menjelaskan, kegiatan kuliah tamu diikuti oleh 60 mahasiswa dan akan berangkat tanggal 2 September 2019 dan kembali ke Indonesia tanggal 30 September 2019. 
 
"Mahasiswa yang dikirim merupakan semester tiga berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakuktas Teknik Informasi," jelasnya kepada NU Online.
 
"Tujuan pengiriman ini untuk meningkatkan kualitas dari skill mahasiswa. Pulang ke sini membawa ilmu yang lebih. Wawasan Internasional dan soft skil yang mumpuni," imbuhnya, Sabtu (31/8).
 
Rektor asal Malang ini menambahkan, selain mahasiswa Unwaha juga mengirim tujuh orang dosen. Tujuannya tak lain untuk membuka wawasan dosen dan bisa mengambil pelajaran dari kampus di Thailand. Dan terpenting yaitu bisa membangun jaringan Internasional.
 
Kegiatan pengiriman mahasiswa ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun di Unwaha. Secara rutin Unwaha mengirim mahasiswanya ke Malaysia, Thailand, dan beberapa negara Asia lainnya.
 
"Jumlah ini terbanyak di seluruh Indonesia. Semuanya dapatkan beasiswa dan uang saku selama sebulan," tambah Anton.
 
Anton berharap selama di Thailand para mahasiswanya tetap bisa menjaga akhlak santri selama Thailand. Memberikan warna dalam pergaulan Internasional. Karena selama ini Indonesia terkenal ramah dan semangat dalam belajar.
 
"Dengan mendapatkan hal baru, setelah lulus nanti agar siap di dunia kerja. Bisa mengamalkan ilmunya di Jombang dan Nahdlatul Ulama," tambahnya.
 
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sangat mengapresiasi langkah yang dilalui oleh Unwaha, karena secara tak langsung sudah menjadi duta Kabupaten Jombang dan Indonesia di luar negeri.
 
"Kalian di sana nanti tidak hanya bawa nama Unwaha tapi lebih besar lagi yaitu Indonesia. Sesuai dengan semangat HUT ke 74 RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," ujar putri Pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Wahab Hasbullah ini.
 
Mundjidah mengatakan, setelah para mahasiswa Unwaha selesai kuliah di luar negeri, maka ia ingin ada tindaklanjut dalam membantu program pemerintah. Seperti menanam padi organik, agar penghasilannya bertambah. Ia berharap juga ada terobosan baru dari insan akademis terutama dari Unwaha. Inovasi yang bisa mengatasi dan meringankan beban masyarakat kecil.
 
"Kebetulan pemerintah ada program pertama dan Unwaha ada Fakultas Pertanian. Nanti kita bisa bersinergi. Kita lagi kumpulkan orang Jombang atau orang yang pernah belajar di Jombang untuk membangun Jombang," tandas perempuan yang juga Ketua Muslimat Kabupaten Jombang ini.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG